Tuesday , 17 October 2017
Home / News / Wawancara TEAMnxl> dengan Waketum IeSPA
Because Winning is Everything

Wawancara TEAMnxl> dengan Waketum IeSPA

Writer TEAMnxl> mendapatkan kesempatan untuk berbincang dengan Waketum IeSPA, Angky Trijaka. Kami berbincang mengenai eSport di Indonesia dan juga pendapat beliau mengenai TEAMnxl>. IeSPA sendiri merupakan asosiasi olahraga eletronik yang sudah diakui oleh pemerintah Indonesia. Dan IeSPA sendiri juga sudah merekrut pemain – pemain DOTA2 yang akan di masukkan ke pelatnas.

Well, ini dia wawancara singkat writer TEAMnxl> dengan Waketum IeSPA, Angky Trijaka.

1. Kenapa Memilih eSport Bukan Organisasi Lain ?

Saya dari dulu memang sudah senang dengan e-sports, dari kecil mungkin kita semua sudah bermain game, tapi saya punya passion lebih di e-sports, ingin melihat e-sports kita berprestasi khususnya di event international. Sebenarnya saya dari SMP sudah banyak ikut organisasi sampai kuliah dan sekarang pun hampir 15 keorganisasian baik di Pemerintahan maupun yang Non Pemerintahan saya aktif di dalamnya.


2. Bagaimana tanggapan anda mengenai eSport di Indonesia sekarang ini?

E-Sports di Indonesia sudah banyak kemajuan sekali, kalau kita mau tarik kebelakang dari tahun 2002 s/d 2015, baik dari perkembangan prestasi kita maupun genre game nya pun terus berkembang pesat, karena di dukung dari kemajuan tekhnologi itu sendiri, Saya bersyukur e-sports di tanah air sudah mulai mendapat tanggapan positif dari setiap element masyarakat khususnya Pemerintah.


3. Apa saja langkah yang akan anda lakukan untuk memajukan eSport Indonesia?

Sebelum kita berbicara langkah-langkah memajukan e-sports di Indonesia, apa yang anda sudah berikan untuk kemajuan komunitas gamers, membangun komunitas fondasi awal untuk bisa memajukan e-sports di Indonesia, karena pelaku olahraga elektronik itu adalah komunitas. Saya mempunyai banyak pengalaman dalam membangun komunitas e-sports di tanah air, dari sanalah saya mengetahui cara memajukan e-sports di tanah air. Puncaknya saya bersama pelaku dan pecinta e-sports di tanah air mendirikan IeSPA untuk mewadahi semua kepentingan e-sports di tanah air.


4. Menurut anda potensi player di Indonesia itu seperti apa?

Melihat dari pengalaman pribadi saya dari event-event international yang saya lihat secara langsung, players kita tidak kalah dengan pemain luar negeri, khususnya di kawasan SEA, bahkan team kita pernah juara dunia dalam genre game FPS, itu menunjukan bahwa kualitas atlet esports kita di Indonesia tidak kalah hebat dibandingkan negara lain. Tapi ada yang perlu di cermati dari pengalaman saya selama ini yaitu, atlet e-sports kita masih kurang dalam hal MENTAL bertanding dan DISIPLIN . Sebagai atlet bukan hanya harus baik dari segi skill aja tapi mental juga harus bagus. karena dengan mental bertanding yang kuat, kita mampu melewati dan membaca situasi pada saat bertanding dengan baik. Disiplin ini yang salah satu kunci kesuksesan dari semua aspek, baik disiplin dalam berlatih maupun tata kelola kehidupan sehari-hari.


5. Salah satu team eSport tersukses yakni TEAMnxl>, apa tanggapan anda mengenai team eSport satu ini?

TEAMnxl> salah satu team e-sports tersukses di Indonesia, saya cukup mengikuti perjalanan karir team ini dari tahun 2006 sampai sekarang, dibawah kepimpinan sahabat saya Richard Permana selaku CEO TEAMnxl sudah banyak kemajuan baik dari segi prestasi maupun management nya. Saya sangat bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada TEAMnxl> yang selalu konsisten di jalur e-sports, kita harus bangga khususnya Indonesia mempunyai team e-sports seperti nxl>. Saya bangga kepada Richard dkk, bahwa mereka mempunyai visi dan misi yang kuat dalam membanggun nxl>, tidak banyak team e-sports di Indonesia, yang konsisten dalam mempertahankan eksistensi nya. Salah satu nya kunci keberhasilan mereka mempunyai strong leadership dari seorang CEO nya.


6. Sebagai waketum IeSPA apa saja yang akan dilakukan anda ataupun pihak IeSPA dalam memajukan eSport Indonesia melalui team team eSport seperti TEAMnxl>?

Saya selaku Petinggi di IeSPA, mencoba memberikan akses dan kesempatan bagi team e-sports yang berprestasi, baik itu dalam hal membantu mencarikan sponsorship maupun akses sosialisasi kepada pihak-pihak Pemerintah untuk mereka dikenal dan diperhatikan, Kami mencoba menjembatani apa yang mereka harapkan dari IeSPA.


7. Melihat prestasi TEAMnxl> sekarang ini, mungkinkah TEAMnxl> mendapatkan dukungan ataupun bantuan dari IeSPA untuk dapat berkancah di event yang lebih besar? Seperti The International untuk DOTA2 dan ESL One untuk CSGO?

Sangat mungkin sekali, karena kami di IeSPA selalu memperhatikan atlet-atlet e-sports yang berprestasi, karna kami punya MOU dengan federasi e-sports international yaitu IESF, untuk mengirimkan atlet / team e-sports yang berprestasi di Indonesia ke event-event international yang mereka adakan, karena bila tidak kami bisa kena suspend dari IESF, Tentunya kami akan berusaha mengirimkan atlet / team e-sports yang berprestasi ke event yang bergengsi, sebagai bukti kongkrit IeSPA dalam memajukan e-sports di tanah air.


8. Masih adakah kekurangan dari team team eSport Indonesia menurut anda?

Salah satu kekurangan team e-sports di Indonesia yaitu sedikit sekali team yang mempunyai management yang baik. Management yang baik diperlukan dalam tata kelola team e-sports tersebut bila mau berkembang dan mendapatkan akses sponsorship, karena tidak mungkin pihak sponsorship akan memberikan bantuannya bila tidak ada management yang baik, karena itu meyangkut tanggung jawab pihak team kepada pihak sponsorship. Kita perhatikan team-team e-sports di dunia yang sukses secara prestasi dan brandingnya dibalik itu mereka pasti punya management yang solid.


9. Sekarang ini hal-hal apa saja yang sedang dipersiapkan oleh IeSPA?

Agenda IeSPA di tahun 2015 dan 2016 sangatlah banyak dan padat. Di bulan oktober tanggal 9 – 11 kita mempersiapkan event FORNAS yaitu [Festival Olahraga Rekreasi Nasional] di Denpasar, Bali yang akan di buka langsung oleh Presiden Republik Indonesia bapak Joko Widodo. Ini adalah event Nasional FORMI dan bekerja sama dengan Kemenpora sebagai regulatornya, e-sports termasuk olahraga yang akan di pertandingan dalam event tersebut, yang nantinya atletnya mewakili provinsi nya masing-masing seperti PON [ Pekan Olahraga Nasional ], Lalu IeSPA juga lagi mempersiapkan RAKERNAS [ Rapat Kerja Nasional ] untuk konsolidasi program kerja IeSPA pusat dan IeSPA daerah seluruh Indonesia. IeSPA juga terus melakukan sosialisasi kepada lembaga tinggi negara / pemerintahan untuk memperkenalkan e-sports ke semua stakeholder terkait, Tahun 2016 kita ada event terbesar di Indonesia yaitu TAFISA World sports all of games, 120 negara akan hadir di Jakarta sebagai tuan rumah dan e-sports sudah masuk dalam event tersebut. Kami juga terus melakukan inventaris database untuk atlet-atlet e-sports kita di tanah air, supaya IeSPA dengan mudah melihat perkembangan prestasi atlet e-sports di Indonesia.

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: fLx out, voogy is back!

Rebuilding a whole roster of champion is always extremely difficult. When we set out on …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: