Monday , 24 July 2017
Home / News / The Meaning of Defeat…
Because Winning is Everything

The Meaning of Defeat…

Bulan lalu, TEAMnxl> mengikuti AGES 2016 di Malaysia. Sayangnya, tim kebanggaan kita gagal membawa pulang piala di ajang regional Asia Tenggara tersebut… Saya tahu kita semua bersedih karena sebenarnya target untuk menjadi juara pertama sebenarnya sangat realistis – jika melihat semua hasil pertandingan TEAMnxl> melawan tim-tim yang berlaga di sana ketika bertanding online.

Namun demikian, memang event LAN dengan Online itu berbeda. Saya, Anda, fans berat TEAMnxl>, dan pihak-pihak lain yang menginginkan kemenangan tim kebanggaan kita ini, mungkin memang kecewa dengan hasil tersebut – namun faktanya, tidak ada yang lebih bersedih dan kecewa selain kawan-kawan kita dari TEAMnxl> sendiri karena kekalahan itu memang pahit…

nxl-ages-1

Mereka telah berlatih keras menggunakan waktu, pikiran, dan tenaganya sebaik mungkin agar mencapai hasil yang maksimal. Meski begitu, kenyataannya adalah Richard Permana dan kawan-kawannya bisa sampai titik ini juga bukan karena mereka selalu menang di setiap pertandingan.

TEAMnxl> bisa jadi tim paling berprestasi di Indonesia karena mereka tidak pernah menyerah saat kalah. Saya pun berbincang-bincang dengan Richard “frgd[ibtJ]” Permana tentang kekalahan mereka.

frgd[ibtj]

Richard memang mengaku kecewa karena kekalahan ini harus dibayar dengan begitu mahal, namun bedanya, ia adalah ‘petarung’ tangguh yang tidak akan terus terbaring meski terjatuh.

Dari kekalahan tersebut, ia berusaha untuk memperbaiki diri dan timnya. Hal pertama yang ia lakukan adalah cari tahu apa yang menyebabkan kekalahan mereka. Semua anggota tim menonton hasil setiap pertandingan dan melakukan evaluasi.

Penyebab kekalahan ini harus dicari tahu sampai detil sehingga mereka bisa tahu kesalahan / kelemahan apa yang dilakukan oleh tiap-tiap anggota tim dan mencari cara untuk menutupi ataupun memperbaiki kelemahan tadi.

Richard pun akhirnya telah mengetahui penyebabnya dari proses evaluasi yang menyeluruh tadi dan ia sudah menerapkan strategi / kebijakan baru untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan tadi.

nxl-ages-2

Satu hal selalu dilakukan oleh Richard ketika harus menelan pil pahit kekalahan adalah ia tidak ingin terlalu berlarut-larut memikirkan kekalahan – karena kekalahan hanyalah sebagian proses yang harus dijalani untuk tujuan akhirnya.

Kekalahan hanyalah salah satu pijakan keras yang dapat dipakai untuk melompat lebih tinggi dari sebelumnya.

Kita sebenarnya juga dapat belajar dari TEAMnxl> tentang kekalahan. Mungkin memang tidak setiap kita bergelut di bidang eSports namun ada banyak kekalahan-kekalahan pahit dalam hidup kita yang memang seringkali membuat kita ciut nyali dan patah semangat.

13319840_1034496419971470_7610422916150860906_n

Bisa saja Anda kalah saingan ketika berjuang mendapatkan dambaan hati, kalah bersaing untuk mendapatkan pekerjaan ideal melawan ratusan atau mungkin ribuan pelamar kerja lainnya, kalah strategi bisnis dengan kompetitor, ataupun kekalahan lainnya yang tidak kalah pahit.

Namun, dari Richard Permana dan TEAMnxl>, Anda juga bisa mengikuti cara mereka menghadapi kekalahan.

Pertama, cari tahu dengan detil apa yang menyebabkan Anda kalah. Mungkin Anda kalah ganteng saat bersaing mendapatkan gebetan nyahaha… Mungkin resume / CV Anda kurang meyakinkan dibanding pesaing Anda, atau mungkin juga Anda menggunakan strategi bisnis yang memang kurang ideal.

bruce-lee-quote

Dengan mengetahui penyebab kekalahan tadi, kita bisa memperbaiki kekurangan tiap-tiap kita agar memiliki peluang yang lebih besar di kemudian hari.

Dan terakhir, jangan terlalu larut dalam kekalahan karena faktanya setiap kita pasti sudah pernah dan akan mengalami pahitnya kekalahan – dalam bidang apapun – fokuskan pandangan pada tujuan akhir Anda dan jadikan kekalahan sebagai bagian dari proses pembelajaran… ^,^

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: New CS:GO Roster May 2017

  Moments ago, we have said that we will release our new CS:GO roster, which …

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: