Wednesday , 18 October 2017
Home / News / TEAMnxl> dengan Formasi Baru dan Semangat Baru
Because Winning is Everything

TEAMnxl> dengan Formasi Baru dan Semangat Baru

Setelah merilis 3 rosternya, Roseau, FrostMisty, dan BnTET, TEAMnxl> merekrut 3 pemain baru, Anda bisa membaca komentar frgd terhadap pemain-pemain baru ini di artikel yang beberapa waktu lalu dirilis.

Namun demikian, sebenarnya apa sih yang jadi alasan Richard Permana dan management TEAMnxl> untuk merotasi pemainnya? Bagaimanakah sebenarnya konsep tim yang selalu dipegang erat oleh profesional gamer paling ‘tua’ (nyahaha…) dan paling berpengalaman di Indonesia ini?

Saya berbincang-bincang dengan semua anggota nxl> untuk cari tahu lebih jauh.

Pergantian pemain di TEAMnxl> ini memang heboh di media sosial dan komunitas para penggemar eSports di Indonesia. Namun sebenarnya, jika kita ingin melihat negara lain atau bahkan olahraga lainnya, pergantian pemain ini memang sebenarnya hal yang wajar dilakukan setiap tahunnya.

ryan-giggs

Di sepak bola, bahkan hanya segelintir pemain saja yang menghabiskan seluruh karirnya di satu tim yang sama, seperti Giggs di MU dan Gerard di Liverpool. Di ajang eSports luar negeri pun demikian. Setiap tahun, rotasi pemain selalu dilakukan.

Rotasi pemain ini sebenarnya punya dampak positif jangka panjang terhadap masa depan industri olahraga di satu negara, termasuk eSports.

Misalnya, sekarang, Indonesia jadi punya 2 tim besar yang berpeluang besar berkiprah di ajang CS:GO internasional, TEAMnxl> dan Recca.

Bayangkan, jika satu hari jika ada final CS:GO regional SEA yang bertanding adalah TEAMnxl> vs. Recca, siapapun pemenangnya, Indonesia tetap bisa menorehkan sejarahnya di ajang tersebut.

Selain itu, pemain-pemain yang punya lebih banyak pengalaman bermain di ajang internasional juga bisa berbagi pengalaman dan skill-nya ke pemain-pemain lain di tim barunya yang belum banyak pengalamannya.

Misalnya, dengan FrostMisty ataupun Roseau bergabung di tim baru, mereka bisa menularkan kesaktiannya ke rekan-rekan barunya. Jika siklus ini bisa terus berlanjut di kemudian hari, standar skill pemain CS:GO di Indonesia bisa meningkat secara lebih rata karena pemain-pemain yang lebih berpengalaman bisa bekerja sama dengan mereka-mereka yang lebih muda.

frgd

Demikian juga dengan kondisi TEAMnxl> yang baru sekarang. Richard Permana memang telah terbukti mampu mencetak pemain-pemain tangguh dan berkualitas. Jadi, meski mereka sekarang harus pelan-pelan membangun strategi dan chemistry dari awal dengan rekan-rekan barunya, cepat atau lambat, TEAMnxl> dapat kembali ke ritme dan skill permainan yang setingkat, atau bahkan harapannya, lebih baik lagi dari yang sebelumnya.

Satu hal yang pasti, bagi Richard Permana, tim yang baik adalah tim yang positif. Selain itu, tim yang baik adalah tim yang harus memiliki konsep. Konsep baru yang dipegang TEAMnxl> sekarang ini adalah, “Kekalahan adalah Kemenangan dan Kemenangan adalah Keberuntungan.”

Jadi, kekalahan bukanlah hal yang harus disesali ataupun ditangisi, tetapi kekalahan adalah sebuah bentuk pembelajaran yang harus dimanfaatkan untuk mengasah diri agar jadi lebih baik dari sebelumnya. Sedangkan kemenangan tidak boleh menjadi alasan untuk menyombongkan diri karena ketika menang berarti tim tersebut hanya lebih beruntung dapat bermain lebih baik.

“Tim yang baik juga merupakan tim yang dapat melebur menjadi satu – bukan yang terpisah-pisah dan terkotak-kotak”, tambah Richard.

Soifong juga menambahkan bahwa jika sebuah tim memenangkan pertandingan, hal itu merupakan hasil kerjasama tim antara setiap anggota tim, bukan karena tiap-tiap individu.

Harapan frgd dengan tim baru ini sebenarnya memang lebih realistis. Dia ingin melihat terlebih dahulu seberapa jauhkah formasi baru ini bisa berjalan dan apa yang bisa dihasilkan.

img_1532

Namun demikian, karena ada tenggat waktu yang harus dikejar, salah satu alasan Richard Permana merekrut tiga pemain baru yang ada sekarang ini adalah mereka harus punya pengalaman bertanding di luar negeri – terlepas kalah ataupun menang.

Pasalnya, jika mereka pernah bertanding di luar sana, mereka pernah merasakan ujian mental yang pastinya sangat berbeda dengan bermain online, ataupun bermain di tingkat nasional.

Lalu bagaimana dengan harapan-harapan anggota baru TEAMnxl> ini?

Josias ”a l e s s a” Christian mengatakan bahwa ia tadinya sudah hampir pensiun sebagai pemain CS:GO karena diminta oleh orang tuanya mengurus bisnis. Namun, karena Richard Permana menantangnya untuk bergabung dengan nxl>, ia setuju bergabung karena ingin mendapatkan bimbingan dari mereka-mereka yang sudah lebih berpengalaman.

Felix ”fLx” Santoso yang bertampang seperti “om-om” padahal lebih muda dari frgd ini wkakwakkaw… mengatakan bahwa ia bergabung dengan nxl> karena ia ingin mencoba memaksakan kemampuan dirinya untuk membuka batasan yang lebih jauh dan lebih tinggi dari sebelumnya.

“Pengen coba push lebih jauh lagi sih limit diri sendiri. Pengen coba ngerasain sampai mana sih gua bisa pergi,” ujarnya. Lagipula, ia juga mengatakan bahwa nxl> merupakan tim gamer profesional jadi ia bisa fokus berlatih dan bertanding tanpa harus mencari pekerjaan sampingan.

Anlika ” Lurkz ” Putra Wahyoedi yang masih berusia 16 tahun dan duduk di bangku SMA ini, mengatakan bahwa ia bergabung dengan nxl> karena ingin melatih diri bersama dengan pemain-pemain yang sudah berpengalaman.

Harapannya, ia ingin turut berperan dalam menghantarkan nxl> untuk kembali menjadi juara, baik itu di tingkat nasional ataupun internasional.

nxl-ages-1

Akhirnya, mari kita dukung saja semua tim-tim gamer Indonesia, termasuk TEAMnxl> dan tim-tim lainnya. Kita lihat dan ikuti bersama seberapa jauhkah formasi baru ini bisa berkembang kedepannya. Semoga dengan formasi dan semangat baru ini, TEAMnxl> terus bisa berjalan dan berkembang ke tingkat yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: fLx out, voogy is back!

Rebuilding a whole roster of champion is always extremely difficult. When we set out on …

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: