Wednesday , 22 November 2017
Home / News / Skylake is Here! Upgrade atau tidak?
Because Winning is Everything

Skylake is Here! Upgrade atau tidak?

Meski belum lama berselang sejak merilis Broadwell (yang merupakan penyempurnaan dari Haswell) di bulan Juni 2015 yang lalu, Intel kembali merilis chip baru dengan arsitektur baru bernama Skylake. Jika Anda gamer yang rajin mengikuti perkembangan teknologi hardware, Anda mungkin sudah tahu sedikit banyak soal Skylake, sehingga bisa langsung melewatkan bagian awal ini dan langsung mengarah ke pertanyaan yang paling penting: Upgrade atau tidak?

Namun, bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak soal Skylake, Anda bisa menyimak apa itu Skylake terlebih dahulu. Skylake merupakan codename dari generasi procie Intel terbaru, yang dirilis resmi tanggal 5 Agustus 2015, dengan proses fabrikasi 14nm.

Credits: anandtech.com
Credits: anandtech.com

Kami tahu Anda mungkin tidak terlalu peduli dengan detil spesifikasi teknisnya, jadi kami akan langsung berbicara apa saja keunggulan praktis Skylake dibanding pendahulunya (jika Anda ingin membaca mengenai spek teknis dan review lengkapnya, Anda bisa googling sendiri dengan keyword “Skylake review”. Kami yakin ada banyak sekali situs yang lebih jago membahas permasalahan teknis ketimbang kami).

Berhubung kami adalah gamer, kami hanya ingin tahu dan membagikan keunggulan gaming apakah yang sebenarnya bisa ditawarkan oleh Skylake. Langsung saja kami katakan, sebenarnya tidak banyak yang bisa ditawarkan Skylake sebagai procie untuk performa gaming jika dibandingkan dengan procie Intel generasi sebelumnya: Haswell (4000 Series) dan Broadwell (5000 Series). Tidak ada peningkatan performa yang signifikan atau bahkan bisa lebih rendah ketimbang kedua procie tadi. Anda dapat melihat hasil benchmark yang telah dilakukan di maximumpc.com dan jagatreview.com pada tabel di bawah ini.

Credits: maximumpc.com

 

Credits: jagatreview.com

Meski begitu, Skylake juga merupakan arsitektur baru, yang berarti motherboard dan chipset baru, sehingga menawarkan fitur-fitur baru yang layak dipertimbangkan.

DDR4
Chipset Z170 (chipset baru untuk Skylake, dengan soket baru LGA1151) telah mendukung memori DDR4 yang, teorinya, dapat berlari hingga kecepatan 4266MHz (2x kecepatan DDR3 yang maksimal di 2133MHz – tanpa overclock) sehingga kecepatan transfernya pun dapat meningkat drastis. Realistisnya, RAM DDR4 yang sekarang bisa ditemukan di pasaran berkecepatan 2133-3000MHz. Memori yang lebih kencang dapat diterjemahkan menjadi loading game yang lebih singkat.

Up to 20 PCIe 3.0 Lanes
Selain DDR4, Z170 juga telah mendukung sampai dengan 20 PCIe 3.0 lane. Signifikansinya apa? Dengan lane baru ini, Z170 sekarang bisa mendukung 4-Way SLI/CrossFire dengan menggunakan x8 connections di keempat kartu grafis yang digunakan. Mungkin hal ini tidak terlalu praktis untuk sebagian besar gamer, yang faktanya memang hanya menggunakan 1 kartu grafis, namun bisa jadi menggiurkan bagi mereka yang berkantong super tebal.

 

 

Overclocking-Friendly 
Mungkin ada dari Anda yang mengatakan, “kami gamer, bukan overclocker!” Well, bagi gamer berbudget mepet, overclock merupakan solusi ideal untuk meningkatkan performa gaming tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Skylake juga lebih ramah terhadap overclocking ketimbang Haswell. Terlebih lagi, Skylake dan Z170 kembali mengijinkan Anda mengatur BCLK, yang hilang dari sejak jaman Sandy Bridge. Yaaay! Anda penyuka overclocking tentu tahu manfaat praktis dari pengaturan BCLK secara manual karena Anda bisa mengatur kecepatan overclocking dengan lebih detil dan presisi.

Tentunya, masih ada fitur-fitur baru lainnya yang ditawarkan Skylake dan Z170. Seperti misalnya, kebanyakan motherboard Z170 akan menawarkan USB 3.1 Type-C connector ataupun port M.2 (bukannya SATA express). Namun kami kira akan jadi terlalu panjang untuk dijelaskan semuanya di sini dan Anda akan terlanjur bosan sebelum kita mencapai pertanyaan terpentingnya: Upgrade atau tidak?

UPGRADE atau TIDAK?


Skylake vs Broadwell (i7 5775C/R atau i5675C/R) 
Apakah layak upgrade dari Broadwell ke Skylake? Ummm, Anda baru saja membelinya beberapa bulan yang lalu, jadi tentu saja tidak. Karena, meski hanya terpaut beberapa bulan, Anda tetap saja harus mengganti motherboard dan memori baru untuk upgrade ke Skylake.

Skylake vs Haswell (4000 Series)
Apakah layak upgrade dari Haswell ke Skylake? Tidak ada peningkatan performa CPU dari Haswell ke Skylake yang sepadan dengan lebih dari US$500 (nominal yang harus Anda gelontorkan untuk upgrade). Jadi…?

Skylake vs Ivy Bridge (3000 Series)
Apakah layak upgrade dari Ivy Bridge ke Skylake? Tergantung… Kalau hanya untuk keperluan gaming, mungkin tidak juga. Performa gaming Skylake hanya sedikit di atas Devil’s Canyon, sedangkan selisih performa dari Ivy Bridge ke Haswell hanya 5-10%. Jadi, untuk keperluan gaming, mungkin lebih baik Anda mengalokasikan dana untuk mengupgrade GPU ketimbang CPU di sini.

Skylake vs Sandy Bridge (2000 Series)
Apakah layak upgrade dari Sandy Bridge ke Skylake? Jika hanya menghitung peningkatan framerate game Anda, tidak… Sandy Bridge memang hanya terbatas pada PCIe 2.0 namun lane PCIe 2.0 sebenarnya masih cukup kencang untuk gamer yang hanya menggunakan 1 buah kartu grafis. Buat Anda yang telah menggunakan 2 buah kartu grafis, PCIe 3.0 bisa memberikan sedikit performa lebih.

Skylake vs Nehalem (Lynnfield & Bloomfield – i5 750, i7 920, dkk)
Apakah layak upgrade dari Nehalem ke Skylake? Yup! Nah, jika Anda masih menggunakan procie dari tahun 2008 ini, sudah saatnya Anda mengupgrade PC gaming Anda. Peningkatan performa PC Anda secara keseluruhan akan meningkat pesat dan Anda juga akan mendapatkan SATA 6Gbps dan USB 3.0 yang, kemungkinan besar, tidak Anda temukan di motherboard Anda sekarang.

Skylake vs Nothing?
Apakah Skylake pilihan yang tepat bagi yang ingin membeli PC gaming baru? Tentu saja iya! Jika Anda belum punya PC sama sekali, Skylake adalah pilihan yang paling ideal saat ini. Pasalnya, Intel cukup hebat dalam menjaga stabilitas harga produk lawas mereka. Jadi, harga baru procie Skylake dan Haswell tidak akan terpaut jauh. Sedangkan seperti yang kami utarakan di bagian awal, Skylake menawarkan fitur-fitur baru yang akan membuat PC Anda lebih future-proof untuk kedepannya.

Skylake’s ‘Partner-in-Crime’
Karena Skylake merupakan arsitektur baru yang membutuhkan motherboard baru, tentunya Anda juga harus cermat memilihkan pasangan ideal untuk procie baru Anda itu. Bagi kami, durabilitas memiliki poin terpenting yang harus dimiliki sebuah motherboard, seperti yang selalu ditawarkan oleh Gigabyte. Performa kencang dan segudang fitur tentu juga harus dipertimbangkan namun durabilitas adalah faktor paling krusial bagi kami.

Pasalnya, kami bermain game lebih lama di atas rata-rata gamer ‘normal’ karena kami harus berlatih 10 jam sehari. Konyol saja rasanya jika kami harus berhenti berlatih ketika tiba-tiba motherboard PC kami bermasalah. Kami yakin sesi gaming Anda juga akan jadi tidak karuan ketika tiba-tiba terhenti karena ada masalah motherboard.

Anda bisa mencari sendiri jika tidak percaya kami namun, faktanya, permasalahan motherboard itu jauh lebih banyak ditemukan ketimbang permasalahan procie (baik AMD ataupun Intel). Jadi, pastikan motherboard yang Anda bawa pulang dapat selalu setia menemani sesi gaming Anda dan juga dapat berusia sepanjang procie baru Anda.

Salah satu motherboard Z170 baru yang bisa Anda pertimbangkan adalah Gigabyte GA-Z170X-Gaming G1 yang menawarkan performa tinggi, fitur-fitur menawan, dan juga, tentu saja, durabilitas juara. Namun demikian, kami juga tahu bahwa setiap produsen motherboard juga menawarkan performa tinggi, fitur anti-lag, dan kawan-kawannya. Karena itu, faktor penentunya ada di keistimewaan produk yang tidak dapat ditawarkan oleh pesaing-pesaingnya.

Kali ini, kami akan mengambil contoh dari Gigabyte GA-Z170X-Gaming G1 dengan beberapa fitur istimewanya. Anda bisa membacanya terlebih dahulu sehingga kemudian bisa Anda bandingkan dengan brand yang lainnya.

Blast your Ear!
Dari seri G1 pertama kali, Gigabyte memang telah memperhatikan kualitas audio motherboard dengan seksama. Bahkan di GA-Z170X-Gaming G1 ini, Gigabyte meningkatkan lagi kualitasnya dengan menggunakan chip audio terbaru dari Creative, yakni SoundCore 3D dengan 2 OP-AMP dedicated dari Burr-Brown. Chip audio ini dapat menyuguhkan tingkat suara sampai 120 dB, yang merupakan rekor audio-onboard tertinggi di industri motherboard.

Plus, untuk memastikan kualitasnya tetap premium untuk jangka panjang, Z170X-Gaming G1 menggunakan kapasitor Nichicon Jepang dikombinasikan dengan kapasitor audio premium WIMA dari Jerman.

Love your Graphics Card…
Fitur baru lainnya yang juga dikenalkan di GA-Z170X-Gaming G1 adalah PCIe Metal Shielding. Fitur ini merupakan pelindung slot PCIe yang mampu menahan kartu grafis yang semakin berat saja setiap generasinya. Plus, PCIe Metal Shielding juga mampu melindungi slot PCIe dari gangguan elektromagnetik yang bisa mengganggu kinerja kartu grafis Anda.

The choice is yours
Tentu saja, tidak hanya kedua fitur itu saja yang ditawarkan GA-Z170X-Gaming G1. Anda bisa melihat fitur dan spesifikasi lengkapnya di situs resmi Gigabyte karena jika dituliskan semuanya di sini akan jadi terlalu panjang.

Kami tidak mengharuskan Anda membeli motherboard ini namun Anda bisa bandingkan sendiri dengan produk-produk lain dan putuskan mana yang lebih cocok dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Namun, sekali lagi, bagi kami, kami menaruh prioritas tertinggi pada aspek durabilitas karena kami percaya setiap sesi gaming itu terlalu berharga untuk diganggu dengan permasalahan motherboard yang menyebalkan.

Sumber:
pcgamer.com
maximumpc.com
anandtech.com
jagatreview.com

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Announcement: TEAMnxl> Releases Voogy and Alessa, Promote Klipp

TEAMnxl> would like to bid farewell to dear friends, Aditya “voogy” Leonard and Josias “alessa” …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Storage Solution:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: