Wednesday , 18 October 2017
Home / News / Sejarah & Evolusi PC Gaming
Because Winning is Everything

Sejarah & Evolusi PC Gaming

Saat ini kita sudah tiba di ambang standar baru PC gaming dengan Virtual Reality dan DX 12. Untuk urusan grafis, saat ini, PC gaming memang sedang menang telak di atas saudara sepupunya, konsol – apalagi mobile gaming yang masih berkutat dengan permasalahan Power Supply, yang otomatis akan membatasi sekian banyak hal seperti grafis dan kompleksitas gamenya.

Namun demikian, PC gaming saat ini adalah hasil evolusi puluhan tahun. Jika dibanding dengan E-Sports yang masih lucu-lucunya (Anda bisa membaca sejarah E-Sports di sini), PC gaming jelas sudah lebih tua dan matang karena ada produsen-produsen besar yang mendukung dan mempercepat perkembangan teknologi PC gaming dari waktu ke waktu.

Mari kita cari tahu sejarah dan evolusi PC gaming dari tahun ke tahun.

Sejarah PC gaming berawal dari tahun 1961 dengan Space War! yang dibuat untuk sebuah komputer bernama PDP-1.

Di generasi awal ini, untuk mendapatkan sebuah PDP-1, Anda cukup menyiapkan dana sebesar US$120.000 atau, jika disesuaikan dengan inflasi mata uang jaman modern, US$950.000 alias Rp 12.468.750.000. Ehmm… Murah ya. Wkwkwk…

pdp-1

Komputer di generasi ini hanya dapat dimiliki oleh instansi pemerintah ataupun universitas. Karena selain harganya yang muahal minta ampun, ia membutuhkan ruang berukuran masif.

Oh iya, PDP-1 juga menggunakan kertas sebagai media penyimpanannya – bukan kepingan cakram ataupun malah flash chip sebagai storage seperti jaman modern ini.

oregon-trail

The Oregon Trail yang dirilis tahun 1971 merupakan salah satu game paling bersejarah karena mungkin inilah salah satu game generasi awal yang paling laris di pasaran – yang diperkirakan sebanyak 65 juta kopi terjual.

Menariknya, The Oregon Trail ini digunakan oleh para guru untuk mengajar para murid sekolah tentang sejarah awal para pendatang (settlers) di Amerika abad 19.

Lucu ya, justru di tahun jadul, game digunakan untuk edukasi sedangkan malah di jaman modern game dianggap sebagai sumber kemalasan dan kebodohan oleh kalangan mainstream.

sinclair zx 80

Tahun 1980, Sinclair ZX80 yang dirilis oleh Science of Cambridge Ltd (atau Sinclair Research) merupakan komputer pertama yang dibanderol dengan harga di bawah US$ 200, yakni US$199.95 atau US$612 jika disesuaikan dengan inflasi.

Commodore-64

January 1982, Commodore International merilis Commodore 64 yang masuk dalam rekor Guiness World Records untuk kategori ‘Highest-Selling Single Computer Model of All Time‘ alias komputer paling laris sepanjang masa.

C64, nama gaul Commodore 64, jadi salah satu tonggak bersejarah karena ia menawarkan spesifikasi yang superior, dalam aspek grafis dan suara, dibanding komputer-komputer lain sejamannya.

king's-quest1

Tahun 1983, Sierra merilis sebuah game legendaris, berjudul King’s Quest I yang awalnya ditujukan untuk platform IBM PCJr.

Game ini jadi salah satu aspek penting karena inilah game pertama yang mengenalkan grafis yang dinamis – karena sebelumnya, game hanya menggunakan layar-layar grafis yang statis.

WOLFenstein-3d

Satu dasawarsa berlalu, tahun 1992, PC gaming mulai menunjukkan superioritasnya dengan merilis game 3D pertama mereka, yaitu Wolfenstein 3D buatan id Software (developer) dan dirilis oleh Apogee Software (publisher).

Pasalnya, di tahun yang sama, konsol masih berkutat dengan game 2D sedangkan PC sudah satu langkah lebih maju di jaman ini.

megaman-classic

Di jaman ini, karena semua komputasi grafis dijalankan dalam tingkatan software, kebutuhan akan prosesor kencang semakin tinggi. Karena itulah, prosesor Pentium dari Intel mulai mendominasi pasaran.

Tahun 1995, NVIDIA merilis produk pertama mereka yang bernama NV1, yang merupakan sebuah kartu multimedia PCI dengan 2D/3D graphic core yang berbasis Quadratic Texture Mapping.

nvidia-nv1

Game legendaris Virtua Fighter dari Sega adalah game pertama di dunia yang menggunakan teknologi grafis NVIDIA tersebut.

Kemudian 3dfx Interactive merilis Voodo di tahun 1996 dan hal ini menjadi salah satu tonggak paling bersejarah di sejarah PC gaming.

Pasalnya, produk inilah yang mengawali ide bahwa kartu 3dfx tersebut yang akan mengurusui semua kalkulasi 3D dan menyerahkan kalkulasi 2D untuk komponen lain PC.

voodoo1

Tahun 1996 ini, id Software kembali mengibarkan benderanya sebagai salah satu developer game paling berpengaruh di sejarah PC gaming dengan merilis Quake.

Quake ini penting karena ialah game pertama yang me-render real-time 3D environments, memanfaatkan lightmap, dan menggunakan 3D polygonal model untuk semua musuh – karena di game-game sebelumnya, semua karakter musuh menggunakan sprite ataupun model 2.5D.

Quake

Tahun 1998, Voodo 2 (V2 1000) – 90MHz clock (memory and core) merupakan kartu grafis pertama yang mengijinkan kita bermain game di resolusi 1024 x 768 – yang kemudian resolusi tersebut menjadi standar baru PC gaming selama bertahun-tahun kemudian.

Tahun 1999, Nvidia merilis kartu grafis GeForce pertama mereka, yaitu GeForce 256.

NVIDIA_Geforce_256

Sayangnya, di tahun 2002, 3dfx Interactive bangkrut meski ia merupakan salah satu perusahaan yang paling berjasa di perkembangan grafis PC gaming.

Kabar baiknya, NVIDIA sudah mulai mengakuisisi sejumlah aset 3dfx di tahun 2000 . Jadi, tidak semua teknologi canggih dari 3dfx hilang tak berbekas namun justru dilanjutkan oleh salah satu perusahaan yang paling aktif dan berpengaruh untuk perkembangan PC gaming.

Mulai dari saat itu, perkembangan PC gaming berlari kencang.

steam

Oh iya, tahun 2002, Valve merilis Steam. Steam ini juga menjadi penting karena mereka lah yang mempopulerkan distribusi game digital – yang akhirnya saat ini juga digunakan di platform mobile.

Tahun 2003, ketika procie-procie terkencang hanya berlari di kecepatan 1-1.3GHz, AMD merilis Athlon64 yang berkecepatan 2GHz.

amd-athlon-64

2 tahun kemudian, 2005, AMD merilis CPU dual core pertama mereka, yaitu Athlon 64 x2. Kemudian, disusul Intel dengan mengeluarkan Core 2 Duo di tahun 2006.

oblivion

Di tahun 2006 ini, Bethesda merilis seri Elder Scrolls keempat, Oblivion, yang mungkin menjadi game open-world pertama yang berskala masif – yang meningkatkan tuntutan performa hardware semakin tinggi.

geforce_8800_gtx

Di tahun yang sama, masih di 2006, kartu grafis monster pertama dilahirkan, ialah NVIDIA GeForce 8800 GTX. GeForce 8800 GTX ini merupakan kartu grafis pertama yang mengenalkan Unified Architecture yang memungkinkan segudang teknologi grafis baru dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.

unified architecture

GeForce 8800 GTX juga mungkin adalah kartu grafis pertama yang menjejalkan segudang komponen dan jutaan transistor (tepatnya 681 juta transistor) dan mengawali trend kartu grafis berat dan bongsor.

Tahun 2006 juga merupakan tahun paling penting di sejarah PC gaming karena tahun inilah perkembangan teknologi grafis melesat dengan cepat.

ati-radeon

Tahun 2009, AMD membeli ATI dan melanjutkan keluarga Radeon mereka plus pertarungannya dengan NVIDIA dengan seri GeForce mereka sampai hari ini.

radeon-vs-geforce

Menariknya, pertarungan Radeon dan GeForce justru memberikan banyak manfaat kepada kita, konsumen (meski memang ada secuil permasalahan kompatibilitas gara-gara persaingan ini – seperti kasus Tomb Raider (2013) dan Watch Dogs (2014)), karena mereka berlomba-lomba untuk menentukan arah perkembangan teknologi grafis PC gaming.

Akhirnya, jujur saja, artikel ini hanyalah secuil sejarah PC gaming karena ada ribuan atau bahkan jutaan hal lain yang terjadi dari 1961 sampai 2016 yang tidak mungkin kami tuliskan semuanya di sini.

Namun paling tidak, dari secuil sejarah ini, kita bisa tahu perkembangan PC gaming dari jaman ke jaman, dan bagaimana industri dan persaingannya memberikan pengaruhnya terhadap evolusi PC gaming sampai ke titik ini.

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: fLx out, voogy is back!

Rebuilding a whole roster of champion is always extremely difficult. When we set out on …

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: