Tuesday , 17 October 2017
Home / News / Prepare Your PC for New Gaming Standards!
Because Winning is Everything

Prepare Your PC for New Gaming Standards!

Virtual Reality (VR) dan DirectX12 (DX12) sudah di depan mata. Kita tinggal menunggu waktu kapan kedua fitur next-gen gaming ini jadi standar baru PC gaming. Namun pertanyaanya, apakah PC gaming kesayangan Anda sudah siap dengan next-gen gaming?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang apa yang perlu Anda persiapkan, mari kita lihat sejenak tentang kedua fitur yang akan jadi standar baru nanti.

virtual-reality

Virtual Reality merupakan impian para gamer sejak dahulu kala dan impian ini semakin realistis ketika PC gaming menegakkan supremasinya di atas saudara-saudara konsolnya beberapa belas tahun silam.

Baca lebih jauh mengenai penjelasan lengkap NVIDIA tentang Virtual Reality.

Konsol tercanggih sekalipun masih menggunakan standar di bawah 60 fps sedangkan PC sudah memanfaatkan refresh rate 120Hz dan 144Hz sejak beberapa tahun yang lalu, yang memang dibutuhkan untuk menjalankan VR.

Namun demikian, karena membutuhkan refresh rate yang lebih tinggi dan menggambar (rendering) dua layar sekaligus – kanan dan kiri, VR membutuhkan hardware yang satu tingkat lebih mumpuni ketimbang ‘tradisional’ gaming.

deus-ex

Sedangkan DirectX12 akan mengeluarkan potensi maksimal dari multi-GPU dan multi-thread PC gaming Anda. DX12 dapat mengijinkan Anda menjalankan game multi-scene di layar yang sama yang tersinkronisasi sehingga akan mengeluarkan semua potensi GPU Anda – dan menghilangkan bottleneck CPU Anda.

Namun, Anda juga akan membutuhkan kartu grafis terkencang yang bisa Anda dapatkan untuk memaksimalkan semua keistimewaan DX12.

Kunjungi tautan ini untuk membaca lebih detil mengenai DirectX12.

Lalu apakah yang Anda butuhkan agar PC gaming Anda siap untuk dua fitur istimewa tadi?

Pertama, tentunya Anda membutuhkan Windows 10 untuk DirectX12 dan Head Mounted Display (HMD) untuk VR, dan juga game-game yang mendukung kedua fitur tadi. Namun, Anda juga akan membutuhkan kartu grafis dengan GPU terbaik agar dapat menjalankan dua fitur tadi seperti selayaknya ia dimainkan…

Pascal A.K.A NVIDIA GeForce GTX 10 Series adalah yang Anda butuhkan untuk menyiapkan PC gaming Anda agar siap dengan game-game next-gen terbaru nantinya.

Pertama, GTX 10 Series meneruskan ciri khas keistimewaan saudara tuanya, Maxwell, yang mengatakan dengan lantang bahwa kencang itu tidak harus boros daya dan membawanya satu tingkat lebih tinggi lagi. Pascal menggunakan proses fabrikasi yang lebih kecil dibanding pendahulunya dengan 16nm – sedangkan Maxwell menggunakan 28nm.

GeForce_GTX_1080

Bahkan GTX 1080 Founders edition yang dilengkapi dengan 2560 CUDA core dan performa super dahsyat yang menjadikannya pemegang tahta kartu grafis terkencang di dunia saja hanya membutuhkan colokan power PCI-E 8 pin dengan TDP 180W.

Mungkin ada dari Anda yang menanyakan apa gunanya efisiensi daya yang lebih bagus? Well, yang jelas, Anda akan menghemat tagihan listrik bulanan meski menggunakan kartu grafis super kencang.

Fire-Strike

Selain itu, ada banyak sekali keuntungan yang sebenarnya bisa Anda dapatkan dari kartu grafis yang lebih irit daya. Semakin irit daya berarti semakin rendah juga suhu yang dihasilkan di dalam casing. Semakin awet pula PSU Anda karena tak perlu bekerja terlalu keras setiap kali Anda bermain game dari pagi sampai pagi lagi. Plus, semakin rendah TDP satu hardware, kemungkinan besar, semakin besar ruang overclocking yang bisa Anda dapatkan dari hardware tersebut.

Tentu saja, masih banyak lagi keunggulan dari sebuah hardware yang memiliki efisiensi daya yang tinggi. Namun secara umum, semakin baik efisiensi daya sebuah komponen, semakin irit, semakin awet, dan semakin kencang pula hardware tersebut bisa digunakan.

nvidia-geforce-gtx-1080-sli-stylized-in_system

Jika Anda masih tidak percaya, buktinya, semua produsen komponen kelas dunia, termasuk NVIDIA, berlomba-lomba untuk mengecilkan proses fabrikasi yang digunakan, salah satunya agar meningkatkan efisiensi daya yang dibutuhkan – karena hal tersebut akhirnya berimbas pada keuntungan dan keunggulan di segala aspek untuk semua pihak.

Keistimewaan lain dari Pascal – meski sebenarnya proses fabrikasi 16nm nya sendiri sudah jauh lebih dari cukup untuk menjadi alasan utamanya kenapa Pascal adalah GPU terseksi saat ini – adalah ia memang dioptimalkan untuk VR, DX12, ataupun 4K gaming. Pada dasarnya, semua kemewahan PC gaming yang bisa Anda bayangkan bisa diakomodasi oleh GTX 10 Series dengan sempurna.

Tak lupa juga fitur Game Ready dari NVIDIA yang meliputi driver dan GeForce Experience juga akan semakin optimal di GTX 10 Series karena selain memang pada dasarnya hardware GTX 10 Series jauh lebih baik ketimbang generasi terbaru dari kubu sebelah ataupun pendahulunya, NVIDIA juga menitikberatkan pada pengembangan software-nya sejak generasi pertamanya.

Faktanya, mungkin memang ada banyak perdebatan tentang manakah yang paling kencang antara kubu hijau dan kubu merah dari sisi hardware namun, dari sisi software – baik itu driver ataupun software GPU – seperti GeForce Experience ataupun NVIDIA Control Panel, NVIDIA sudah menang telak dari bertahun-tahun silam.

geforce-experience-one-click-simplicity

Lalu bagaimana jika Anda sudah menggunakan Maxwell alias GTX 900 Series saat ini? Well, untuk sekarang ini, sebenarnya Maxwell pun sudah lebih dari cukup untuk game-game yang ada sekarang – karena memang DX12 dan VR belum jadi standar PC gaming.

Namun, tak ada salahnya jika Anda mulai menabung untuk mengejar GTX 10 Series sembari menunggu anggota-anggota baru keluarga GTX 10 Series keluar semua, ataupun menanti distribusi yang lebih merata dari versi non-reference GTX 1080 ataupun GTX 1070 dari vendor-vendor kartu grafis seperti Asus dan kawan-kawannya.

0061782_asus-rog-strix-geforce-gtx-1080-graphics-card-with-rgb-lighting

Karena, satu hal yang pasti, VR dan DX12 akan menjadi standar baru PC gaming nantinya dan hanya NVIDIA GeForce GTX 10 Series yang akan menjalankan 2 fitur canggih tadi dengan maksimal seperti selayaknya ia dimainkan.

NV-700x259-GF-Family

 

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: fLx out, voogy is back!

Rebuilding a whole roster of champion is always extremely difficult. When we set out on …

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: