Tuesday , 17 October 2017
Home / News / Polemik PEA: Konflik antara Pemain vs. Pemilik Tim?
Because Winning is Everything

Polemik PEA: Konflik antara Pemain vs. Pemilik Tim?

Ranah CS:GO kompetitif di Amerika Serikat sedang dilanda polemik besar. Masalah ini mulai ramai di komunitas sejak dirilisnya surat terbuka Scott “SirScoots” Smith di medium.com, yang diklaim telah mendapatkan tanda tangan dari 25 pendukung dari pemain-pemain profesional CS:GO dari Cloud9, Counter Logic Gaming, Immortals, Team Liquid, dan Team SoloMid.

Di surat tersebut, SirScoots mengatakan bahwa ia telah ditunjuk sebagai representasi dari 25 pemain pro yang merasa dilarang bermain di ESL Pro League musim depan oleh PEA (Professional eSports Association).

SirScoots-
Scott “SirScoots” Smith

Sedikit mengenai PEA, PEA merupakan liga CS:GO profesional baru yang didirikan oleh koalisi para pemilik tim-tim gaming besar dari AS, seperti Team Solomid, Cloud9, Team Liquid, Counter Logic Gaming, Immortals, NRG eSports, dan compLexity Gaming.

PEA yang didirikan bulan September 2016 lalu, dengan Jason Katz sebagai komisionernya, juga mengklaim bahwa liga ini akan menjadi “NBA-nya eSports”.

Dalam surat terbuka tadi, SirScoots juga mengatakan bahwa janji awal PEA dalam mengedepankan transparansi dan melibatkan pemain dalam mengambil keputusan sangat berbeda dengan kenyataannya.

1474133148eslproleagueaseaosnmain

Pasalnya, para pemain tadi tidak merasa dilibatkan atas keputusan PEA tentang keikutsertaan mereka di EPL – ataupun liga-liga lain selain liga PEA.

“Ketika PEA dan para pemilik tim pertama kali berbicara kepada kami mengenai otoritas mereka untuk memutuskan di liga mana kami boleh dan tidak ikut berpartisipasi, kami menanyakan atas dasar apa mereka berhak menentukan itu. Jawaban mereka sangat singkat: hak tersebut sudah ada di kontrak kalian,” lanjut SirScoots. “Hal ini sangat mengejutkan kami – pemilik tim kami selama ini seakan memberikan kesan bahwa kami berhak menentukan di liga mana kami boleh bertanding.”

Silahkan baca sendiri surat terbuka tadi untuk cari tahu lebih detil soal keberatan dari pihak para pemain pro karena akan terlalu panjang untuk dijelaskan semuanya di sini.

byaa3hdksuyvwuyebuhb

2 hari kemudian, Noah Whinston, selaku CEO Immortals dan PEA Player Relations Commitee Member, memberikan respon atas surat terbuka dari SirScoots.

Dalam respon tersebut, Noah menjelaskan bahwa tujuan dari liga PEA adalah untuk memberikan yang lebih baik bagi para gamer pro dan organisasinya di AS. Jadi, PEA bukanlah liga eksklusif. Tim dan para pemain bebas berkompetisi di liga dan turnamen di luar PEA.

Namun demikian, berkompetisi di banyak liga CS:GO besar tidak memungkinkan karena batasan finansial dan waktu dari tim dan pemain. Selain bertanding, para pemain juga wajib berlatih dan melaksanakan kegiatan promosi sponsor – seperti streaming dkk.

wesafounders
Tim-tim pendiri WESA

Pihak PEA juga telah mencoba kompromi dengan WESA (World Esports Association), asosiasi di balik ESL, namun WESA menolak usulan PEA.

Karena itu, PEA memberikan pilihan kepada para pemain untuk memutuskan bertanding di liga PEA atau di ESL Pro League North American Division.

Secara finansial, PEA juga menawarkan bayaran lebih kepada para pemain AS jika memilih bertanding di liga PEA.

Seperti surat terbuka tadi, Anda juga bisa membaca sendiri untuk detil lebih lanjut.

esports

Satu hal yang pasti, tiap pihak pasti punya kepentingan dan agenda masing-masing. PEA yang didirikan oleh tim-tim NA, yang mungkin dapat dibilang sebagai tandingannya WESA yang didirikan oleh tim-tim EU, pasti punya kepentingannya sendiri-sendiri. Pemilik tim dan pemain pro juga punya kepentingannya sendiri. Mengkompromikan berbagai kepentingan tadi agar sama-sama menguntungkan untuk semua pihak memang adalah jalan keluar terbaik – secara teori. Namun kenyataannya pasti tidak akan semudah itu…

Lalu bagaimana solusinya? Manakah yang akan dipilih oleh mayoritas pemain pro dari AS? Bagaimana nasib PEA jika mayoritas pemain memilih untuk tetap berkompetisi di ESL? Sebaliknya, misal mayoritas pemain memilih liga PEA, apakah hal tersebut akan mengubah peta kekuatan CS:GO di kancah internasional?

 

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: fLx out, voogy is back!

Rebuilding a whole roster of champion is always extremely difficult. When we set out on …

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: