Thursday , 19 October 2017
Home / News / Playing GTA V in a Way it’s Meant to be Played
Because Winning is Everything

Playing GTA V in a Way it’s Meant to be Played

Akhirnya, setelah ribuan tahun lamanya, GTA V dirilis untuk PC!! Ok, mungkin kami memang kadang terlalu hiperbolis tapi intinya penantian panjang para PC gamer akhirnya berakhir. Namun kemudian pertanyaannya, apakah kita harus memainkan GTA V di PC? Apakah keistimewaan versi PC-nya ketimbang versi PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One?

Jawaban pertama bagi yang para hardcore PC gamer mungkin adalah modding. Mereka yang familiar dengan seri GTA tentu tahu betapa luasnya eksplorasi yang bisa ditawarkan modding di franchise terlaris dari Rockstar ini.

Jawaban yang lebih umum? Grafis yang lebih superior di GTA V versi PC. Namun hal ini sebenarnya dapat dengan mudah didebat para fans fanatik konsol: apakah grafisnya memang bisa superior dengan PC seharga Rp 5,2 jutaan (banderol harga yang dipatok untuk membawa pulang satu unit PS4 500GB)? Kartu grafis seri high-end bahkan bisa dibanderol dengan harga yang lebih dari Rp 5,2 juta hanya untuk kartu grafisnya saja, belum menghitung procie, mainboard, PSU dan kawan-kawan lainnya.

Bagi Anda yang memang gemar menabung dan sudah membeli NVIDIA GeForce GTX Titan sebelumnya atau kartu grafis NVIDIA kelas high-end generasi yang lalu seperti NVIDIA GeForce GTX 780 misalnya, tentunya dapat dipastikan GTA V akan berjalan mulus dengan setting grafis yang jauh di atas konsol. Namun jika Anda ragu, atau misalnya punya kartu grafis lain yang sama-sama di kelas mainstream, NVIDIA menyediakan sebuah GPU Analyzer untuk mengecek kemampuan kartu grafis Anda dalam menjalankan GTA V.

Lalu bagaimana solusi untuk mereka yang berkantong tipis namun tetap ingin mendapatkan pengalaman bermain GTA V yang optimal? Tenang saja, karena kuncinya ada di kartu grafis kelas mainstream dari NVIDIA, GeForce GTX 960.

Memang, GTA V versi PC juga memiliki opsi settingan grafis yang sangat lengkap yang bisa Anda sesuaikan sendiri sesuai dengan selera dan kemampuan kartu grafis Anda. Jika Anda mau, Anda bisa membaca tips optimisasi setting grafis GTA V. Namun, jika Anda benar-benar ingin menikmati GTA V seperti selayaknya ia dimainkan, ada solusi yang lebih elegan yang bisa Anda pilih.

Apakah benar sebuah kartu grafis saja bisa jadi solusi utamanya? Yup! Pasalnya, jika Anda belum tahu, sebagian besar konsol sekarang menggunakan chip grafis dari kubu ‘merah’ yang berarti mesin-mesin konsol yang ada saat ini, mulai dari PS4, Xbox One, atau PS3 dan Xbox 360, tidak dapat menawarkan fitur-fitur dan performa istimewa yang eksklusif hanya ada di chip grafis (GPU) NVIDIA.

Anda bisa melihat fitur-fitur dan spesifikasi yang ditawarkan oleh NVIDIA GeForce GTX 960 di sini. GTX 960 benar-benar bisa menawarkan pengalaman maksimal dengan budget minimal – tidak seperti yang lain yang ‘bisa’ tapi ‘bisa patah-patah’ atau malah ‘bisa gila’…

Kami tahu Anda mungkin skeptis dengan perkataan kami tapi silahkan Anda cari sendiri di Google atau YouTube, video dengan keyword “gtx 960 gta v (atau bisa juga GTX 960 GTA V)”. Kami sengaja tidak memberikan link video-nya ke Anda karena Anda bisa memilih video manapun yang ada di YouTube dan melihat sendiri bahwa NVIDIA GeForce GTX 960 (baik yang versi 2GB ataupun 4GB) memang mampu menawarkan GTA V dengan Very High Setting di resolusi Full HD (1920×1080) dengan playable FPS (Frame per Second), yakni 40-60 FPS.

Ingat, bahkan konsol generasi sekarang pun hanya mampu memberikan GTA V di 30 FPS dan PS4 kurang lebih menawarkan settingan grafis di tingkat High dengan sedikit kustomisasi (jika dikonversikan ke settingan PC). Jika Anda ingin yang benar-benar mulus sempurna, Anda bisa sedikit kompromi karena bahkan NVIDIA GeForce GTX 960 yang 2GB sekalipun dapat menjalankan GTA V di setting High dengan 59-60 FPS dari awal sampai akhir! Yup! Rata 60 FPS di Setting High dengan NVIDIA GeForce GTX 960.

Atau, Anda juga bisa menggunakan solusi lain untuk meningkatkan framerate yang lebih elegan yang ditawarkan oleh NVIDIA dengan fitur ekslusif terbaru mereka yang diperkenalkan sejak GPU Maxwell, MFAA (Multi-Frame Anti-Aliasing). Dengan solusi ini, Anda dapat meninggalkan teknologi Anti-Aliasing lawas untuk mendapatkan kualitas grafis yang maksimal dengan penurunan performa minimal. Dengan memanfaatkan teknologi MFAA dari NVIDIA, Anda bahkan bisa menjalankan GTA V di resolusi 2560×1440 ataupun 2560×1600 dengan setting Very High. 

Sebaliknya, jika Anda merasa 1920×1080 masih kurang sedap dipandang, NVIDIA GeForce GTX 960 juga mengijinkan Anda menjalankan GTA V di resolusi 2560×1440 ataupun 2560×1600 dengan setting High. 2560×1600 itu resolusi native yang biasanya ditemukan di monitor 30 inci, lalu bagaimana jika Anda hanya punya monitor yang 1920×1080 tapi tetap ingin bermain di resolusi 2560×1600? Apakah Anda harus membeli monitor baru? Apalagi monitor 30 inci itu harganya sekarang masih berada di atas Rp 7 jutaan.

NVIDIA memiliki solusinya dengan fitur eksklusif mereka: NVIDIA Dynamic Super Resolution (DSR) yang mengijinkan Anda bermain game di resolusi yang lebih tinggi dari resolusi maksimal monitor Anda sampai dengan resolusi 4K alias 3840×2160. Jadi, Anda bisa menghemat anggaran sampai dengan Rp 7 juta atau lebih yang sebelumnya harus Anda gelontorkan untuk membeli monitor dengan resolusi di atas 1920×1080. 

Keistimewaan NVIDIA GeForce GTX 960 juga tidak berhenti di DSR saja. Iritnya konsumsi daya juga akan sangat membantu Anda mengurangi biaya bermain game Anda – percaya kami, Anda tidak mau mengisi token listrik Rp 200 ribu setiap 10 hari hanya karena Anda menggunakan kartu grafis high-end yang boros daya.

Provided by techreport.com

Anda masih merasa kurang kencang? Well, Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk meng-overclock kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 960 Anda. Dengan overclocking, Anda bisa mendongkrak performa kartu grafis tanpa tambahan biaya sepeserpun. NVIDIA GeForce GTX 960 bahkan bisa menawarkan peningkatan clock sampai dengan 33% dari base clock-nya dengan kisaran peningkatan performa in-game sampai dengan 12%.

Tentunya, hal tersebut sangat menguntungkan mengingat Anda tak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk mendapatkan performanya – Anda hanya perlu sedikit meluangkan waktu untuk cari tahu mengenai overclocking tingkat dasar atau pemula. Anda juga tidak perlu khawatir dengan peningkatan suhunya (karena overclocking pasti akan meningkatkan suhu komponen Anda), karena NVIDIA GeForce GTX 960 terpanas sekalipun hanya menorehkan suhu maksimum di titik 75 derajat Celcius pada kondisi Full Load + overclocked.

Provided by legitreviews.com

Conclusion…

Akhirnya, mari kita rangkum kembali apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat bermain GTA V di PC dengan NVIDIA GTX 960 dengan performa optimal dan harga minimal: 

  1. NVIDIA GeForce GTX 960 berada di kelas mainstream dengan performa High End berkat performa dan keistimewaan GPU-nya.
  2. Sejak Maxwell, NVIDIA menawarkan teknologi Anti-Aliasing baru, MFAA, yang mampu memberikan kualitas lebih baik dengan penurunan performa lebih rendah dibanding teknologi AA yang sudah ada. 
  3. NVIDIA GeForce GTX 960 juga menawarkan fitur DSR yang bisa mengijinkan Anda bermain di resolusi super besar sampai dengan 4K tanpa perlu membeli monitor 4K yang banderol harganya masih selangit.
  4. Selain itu, untuk jangka panjangnya, Anda bisa mengirit biaya rekening listrik bulanan Anda karena NVIDIA GeForce GTX 960 memiliki konsumsi daya jauh lebih irit ketimbang pesaingnya.
  5. Buat mereka yang mau sedikit belajar, Anda bisa mendapatkan suntikkan performa lebih tanpa biaya sepeser pun dengan overclocking.

Apakah PS4 atau Xbox One bisa menawarkan 5 (+1 lagi jika mau menghitung modding) kelebihan itu? GTA V versi PC bisa karena ada NVIDIA di belakangnya. Kenapa? Karena NVIDIA selalu menginginkan semua game bisa dimainkan seperti selayaknya game itu dimainkan. 

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: fLx out, voogy is back!

Rebuilding a whole roster of champion is always extremely difficult. When we set out on …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: