Monday , 24 July 2017
Home / News / Doom (2016): Monster’s Action in Hell
Because Winning is Everything

Doom (2016): Monster’s Action in Hell

23 tahun yang lalu, sebuah game FPS legendaris dirilis. Ia bernama Doom besutan id Software. Semua gamer senior, yang sekarang kemungkinan besar sudah jadi bapak-bapak atau om-om, pasti pernah mendengar atau memainkan game ini.

Bersama dengan Wolfenstein 3D (1992), Doom (1993) dianggap sebagai ‘Simbah‘nya game FPS karena mereka berdualah yang mengawali perjalanan panjang genre ini menjadi genre terlaris di PC gaming.

1-classic-doom

2016, id Software merilis reinkarnasi Doom dengan teknologi grafis terbaru. Namun pertanyaannya, apakah ia mampu mempertanggungjawabkan gelar legendarisnya? Pasalnya, tidak banyak versi remake yang mampu menyamai kehebatan versi originalnya.

Jawaban singkatnya, ya, Doom (2016) mampu mempertahankan gelar legendarisnya di tahta genre FPS. Mungkin memang ia tidak akan lagi menjadi game FPS paling laris di kancah Multiplayer FPS modern karena sudah ada CS:GO dan juara baru, Overwatch, yang mungkin akan sulit dikalahkan.

2-doom-runes

Namun tetap saja, Doom (2016) merupakan sebuah game yang sangat-sangat menyenangkan yang terlalu sayang untuk dilewatkan.

1. Singleplayer Massive Madness

Satu hal yang tidak akan mampu ditawarkan oleh CS:GO dan Overwatch adalah Singleplayer campaign. Doom (2016) menawarkan hal tersebut dengan begitu sempurna. Pasalnya, game ini bukan hanya sebuah FPS linear layaknya kebanyakan game FPS lain.

3-doom-2016

Desain levelnya sungguh menarik dengan ukuran yang cukup masif untuk ukuran FPS. Mekanisme pertempurannya juga sangat mantab. Jujur saja, kami kira tidak banyak FPS lainnya yang mampu menyamai keasikan yang mampu ditawarkan oleh gameplay-nya.

4-doom-2016

2. Multiplayer Mayhem

Mode multiplayer-nya juga tidak kalah menyenangkan. Ada banyak mode asik yang bisa dimainkan di sini. Pasalnya, di sini, Anda bisa berubah jadi monster-monster, yang Anda lawan di mode Singleplayer, dengan kekuatan fantastis.

Plus, ia memang sudah memiliki gameplay dengan mekanisme pertempurannya yang begitu solid. Sayangnya, game-game FPS multiplayer lainnya sudah memiliki komunitas yang sudah lebih matang. Padahal, jika hanya menilai dari elemen intrinsik game ini saja, ia layak dibandingkan dengan game-game FPS multiplayer terlaris saat ini.

PS: Saya pribadi sebagai salah satu gamer bapak-bapak berharap id Software mau menggelontorkan budget marketing yang lebih besar agar multiplayer-nya bisa seramai yang lainnya.

5-doom-2016

3. SnapMap

Mungkin inilah salah satu fitur paling istimewa yang tidak banyak bisa diberikan oleh game-game FPS lain karena Doom bisa memberikan akses ke Custom Map yang sangat ramah untuk semua pengguna.

Well, CS:GO memang memungkinkan komunitas membuat Custom Map mereka sendiri namun, jujur saja, ia kurang ramah untuk semua pengguna (khususnya bagi yang tidak memiliki pengetahuan Level Design yang cukup baik).

6-Doom-Snapmap

Namun fitur SnapMap dari Doom ini sangat mudah digunakan. Anda bahkan tidak perlu memiliki pengetahuan programming sama sekali untuk bisa menciptakan semua Custom Map yang asik untuk dimainkan.

Dari pengalaman saya bermain dengan Custom Content (Map ataupun mod) selama bertahun-tahun, saya belum pernah melihat software yang seramah SnapMap ini. Jika Anda punya logika programming yang cukup baik, Anda bisa membuat map yang sangat kompleks. Namun kalaupun tidak, Anda tetap bisa membuat map yang begitu asik.

7-doom-2016

4. Sweet Graphic Nightmare

Last but not least, id Software nampaknya memang sekali lagi membuktikan diri sebagai salah satu developer kelas kakap dengan menyajikan grafis super manis di Doom (2016) ini.

Kami sungguh terpana melihat grafis yang ditawarkannya. id Software benar-benar menggunakan semua teknologi grafis modern untuk membuatnya sangat sedap dipandang.

8-doom-2016

Plus, hebatnya lagi, meski dengan segala keindahannya, Doom ini terhitung cukup ringan dimainkan. Awalnya kami mengira bahwa kami harus menggunakan kartu grafis terkencang sejagat raya, A.K.A NVIDIA GeForce GTX 1080 untuk mendapatkan framerate super mulus di Nightmare setting (setting grafis tertinggi di Doom) dengan kualitas sebagus ini.

Namun ternyata, dengan NVIDIA GeForce GTX 1070, Doom bahkan bisa berjalan super kencang tanpa tersendat sekalipun di setting tertinggi di resolusi 1920×1080.

9-doom-2016

GeForce GTX 1070: the Perfect Monster

Kami akui, sebenarnya GTX 1070 ini juga sudah terlalu kencang untuk resolusi HD karena idealnya ia ditujukan untuk bermain di 1440p atau malah 4K. Pasalnya, GTX 1070 ini bahkan bisa mengalahkan performa GTX Titan X, yang merupakan jawara kartu grafis satu generasi lalu.

Jika Anda masih tidak percaya, berikut ini adalah hasil benchmark NVIDIA GTX 1070 yang kami kumpulkan dari beberapa media.

10-doom-benchmark-1
credits: PCGAMER.COM
12-doom-benchmark-3
credits: GURU3D.COM
11-doom-benchmark-2
credits: TECHSPOT.COM

Dari data-data di atas, Anda bisa melihat bahwa GTX 1070 memang menawarkan performa monster yang bahkan bisa melampaui jawara sebelumnya, seperti GTX Titan X ataupun GTX 980Ti (ataupun kartu grafis andalan dari kubu sebelah).

Saktinya lagi, GTX 1070 bahkan membutuhkan konsumsi daya yang lebih rendah ketimbang GTX 980Ti (atau malah GTX Titan X). GTX 1070 membutuhkan daya 150W sedangkan GTX 980Ti membutuhkan 250W.

credits: GURU3D.COM
credits: GURU3D.COM

Jadi, jika Anda masih belum menggunakan GTX 1070 (ataupun GTX 10-Series, baca selengkapnya tentang keistimewaan kartu grafis generasi terbaru dari NVIDIA ini), Anda bisa mulai menabung dari sekarang.

Karena, selain memberikan performa super sadis, GTX 1070 juga akan membantu Anda menghemat tagihan rekening listrik bulanan Anda – tanpa harus mengurangi sesi gaming Anda setiap harinya.

Oh iya, jika Anda berminat untuk mendapatkan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1080 (satu-satunya kartu grafis yang bisa mengalahkan performa GTX 1070 sekarang ini) GRATIS, Anda bisa mengikuti kompetisi asik yang diadakan oleh NVIDIA yang sedang berlangsung.

13-gtx-1080

Caranya sangat mudah karena Anda bisa mengirimkan kreasi Anda yang mengilustrasikan angka 10 untuk memenangkan sejumlah game Overwatch dan NVIDIA GeForce GTX 1080 sebagai hadiah utama!

Anda bisa baca di sini untuk informasi kompetisi yang lebih lengkap tentang 10: Perfected Challenge!.

14-10-perfected-challenge

Finally…

Akhirnya, jujur saja, kami merasa GTX 1070 sebenarnya sedikit overkill untuk bermain Doom (ataupun game-game lain) di resolusi 1920×1080 karena memang ia adalah monster bertenaga istimewa – meski diposisikan di posisi runner-up (di bawah GTX 1080).

16-gtx-1070-palit

Namun demikian, tak ada salahnya juga Anda membeli atau menabung untuk GTX 1070 jika Anda ingin menikmati Doom (2016) ataupun game-game modern lainnya seperti selayaknya ia dimainkan – toh, kemungkinan besar kartu grafis ini akan tetap menemani sesi gaming Anda 5 tahun ke depan tanpa hambatan performa yang berarti.

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: New CS:GO Roster May 2017

  Moments ago, we have said that we will release our new CS:GO roster, which …

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: