Thursday , 19 October 2017
Home / News / Overwatch VS Battleborn?
Because Winning is Everything

Overwatch VS Battleborn?

Saat ini, Overwatch sedang jadi hype tertinggi di kancah game FPS. Pasalnya, game ini merupakan rilisan dan juga buatan Blizzard, developer game yang mungkin boleh dibilang rajanya game multiplayer.

Namun di sisi lain, tidak sedikit yang membandingkan game ini dengan Battleborn yang juga berasal dari developer papan atas, Gearbox. Bagi saya pribadi, Gearbox merupakan developer game pertama yang sukses menggabungkan 2 genre game terlaris di PC, FPS dan RPG, dengan seri Borderlands mereka.

borderlands-2
Seri Borderlands dari Gearbox yang berhasil memadukan FPS dan RPG dengan sempurna

Sebenarnya, 2 game ini berbeda jauh dari sisi gameplay-nya. Namun, saya dapat memahami kenapa banyak orang mencoba membanding-bandingkan 2 game dari developer kelas kakap ini.

Pertama, keduanya sama-sama FPS berbasis class. Jadi, keduanya memiliki kelas karakter yang memiliki keunikan dan kelebihan yang berbeda-beda tiap karakternya – tidak seperti CS:GO.

Kedua, dua-duanya dirilis dalam waktu yang berdekatan dan juga, seperti yang saya tuliskan tadi, dibuat oleh 2 developer yang sama-sama punya segudang pengalaman.

Ketiga, kedua game ini juga menggunakan warna grafis yang cerah dan colorful.

Faktanya, hanya di 3 aspek tadilah persamaan antara 2 game ini karena gameplay-nya jauh sekali berbeda.

Overwatch-gameplay

Dari sisi gameplay, Overwatch sebenarnya lebih pantas dibandingkan dengan Team Fortress 2. Karena keduanya sama-sama FPS berbasis class yang menitikberatkan pada elemen PvP.

Sedangkan Battleborn, ia mungkin bisa dibilang lebih unik karena ia mencoba menggabungkan game FPS dengan MOBA yang mengkombinasikan elemen PvE dan PvP.

Overwatch

overwatch-heroes

Yup. Overwatch memang sebenarnya boleh dibilang ‘hanyalah’ Team Fortress 2 dengan rasa baru ala Blizzard. Semua perlengkapan yang ada di sini hanyalah sebatas aksesoris, seperti topi-topi di TF2. Mode-mode game di sini juga semuanya ada di Team Fortress 2 – setidaknya sampai artikel ini ditulis.

Anda tidak akan naik level di dalam game (match). Akun Anda memang dapat naik level, namun hal tersebut tidak ada pengaruhnya sama sekali di aspek gameplay karena level akun Anda hanya berguna untuk membuka kostum yang sebatas kosmetik.

overwatch-artwork

Namun demikian, tetap saja, ia laris manis karena memang Blizzard sudah begitu ahli dalam hal game multiplayer – meski Overwatch adalah game FPS pertama mereka. Tiap karakter memiliki kelebihan dan cara bermain yang berbeda-beda. Tiap karakter memiliki skill berbasis cooldown dan juga serangan melee. Bahkan ada satu karakter yang memang menitikberatkan pada pertarungan melee.

Feeling menembaknya juga tak kalah mantab dengan CS:GO. Grafisnya? Kami kira grafis itu urusan sepele untuk developer sekelas Blizzard. Tiap map, karakter, senjata, dan efek-efek grafis disajikan dengan begitu mempesona.

overwatch-gameplay2

Jujur saja, meski dari tadi saya membandingkannya dengan TF2, saya merasa jauuuuuh… lebih asik bermain Overwatch ketimbang Team Fortress 2 karena animasi, movement, class, yang jauh lebih luwes dan juga memuaskan.

Battleborn

Battleborn_artworkLalu bagaimana dengan Battleborn? Jika Overwatch bisa dibandingkan Head-to-Head dengan Team Fortress 2, saya tidak menemukan game yang benar-benar bisa dibandingkan dengan Battleborn.

Pasalnya, seperti yang saya bilang tadi, ia menggabungkan elemen MOBA dengan FPS. Jadi, anggaplah Anda sedang bermain DOTA2 ataupun LoL dengan gaya pertempuran First Person Shooter.

Battleborn_gameplay

Di dalam Battleborn, Anda bisa naik level dan meng-unlock skill baru, mengupgrade equipment ataupun pasukan Anda. Sama seperti DOTA2 juga, ketika match berakhir, Anda akan kehilangan semua upgrade dan memulai kembali dari nol.

Battleborn juga menggabungkan elemen PvP dan PvE. Tidak seperti Overwatch yang hanya memiliki mode multiplayer – Anda bisa saja bermain sendiri tapi melawan Bot / AI, Battleborn bahkan memiliki Campaign, yang bisa dimainkan secara Single Player ataupun Co-Op.

Battleborn_ilustration

Bahkan di dalam mode Multiplayer-nya pun Battleborn sebenarnya juga lebih menekankan pada aspek PvP karena ada minion / creep yang justru harus Anda hambat agar tidak bisa menghancurkan markas Anda.

Plus, karena memang cukup kompleks seperti MOBA, Anda mungkin butuh waktu lebih lama untuk mempelajari strategi dan fitur apa saja yang ada di Battleborn.

Battleborn-gameplay2

So, Overwatch vs Battleborn?

Jadi, manakah yang lebih bagus? Well, jika Anda membaca penjelasan singkat saya tadi, saya kira kedua game ini sebenarnya tidak bisa dibandingkan.

Membandingkan kedua game ini mungkin sama seperti membandingkan mana yang lebih bagus antara DOTA2 dengan CS:GO. Jadi, jelas saja mereka yang suka MOBA akan bilang bagus DOTA2 sedangkan yang suka FPS pasti suka CS:GO.

Dari sisi komunitas player, Overwatch sekarang memang memimpin dan memiliki peluang lebih besar untuk bertahan lebih lama – karena hanya akan bersaing dengan game-game FPS lainnya.

overwatch-illustration

Namun demikian, Battleborn juga jadi salah satu game paling populer di Steam – sampai artikel ini ditulis. Ia juga lebih unik dari sisi gameplay namun hal tersebut juga berarti ia juga harus bersaing dengan game-game MOBA seperti LoL dan DOTA2, selain dengan game-game FPS.

Meskipun memang, hal ini hanya pendapat saya saja – kita hanya bisa melihat perkembangannya nanti. Namun yang pasti, kedua game ini sama-sama layak dicoba, sama-sama dibuat oleh developer kelas atas, dan sama-sama menawarkan rasa yang baru – tinggal Anda yang menentukan, gameplay seperti apa yang Anda mau.

Battleborn-illustrations

Jadi, jika Anda memang sedang mencari game FPS baru yang memang lebih dekat pada core FPS, Overwatch mungkin lebih pas untuk Anda. Namun, sebaliknya, jika Anda bosan dengan FPS yang itu-itu saja dan ingin detil yang jauh lebih kompleks, ataupun ingin sekali bermain MOBA tapi tak pernah jago dengan mekanisme Last Hit, Anda bisa mencoba Battleborn.

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: fLx out, voogy is back!

Rebuilding a whole roster of champion is always extremely difficult. When we set out on …

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: