Monday , 24 July 2017
Home / News / nxl> BootCamp #3: Nades
Because Winning is Everything

nxl> BootCamp #3: Nades

Akhirnya, kita kembali lagi ke artikel nxl> BootCamp. Kali ini, kita akan berbicara soal Nades atau utilities dengan Agil “roseau” Baskoro sebagai pelatih kita.

Nades atau utilities yang dimaksud di sini adalah granat, smoke, flashbang, dan molotov.

Kenapa hal ini penting untuk dipelajari? Karena pengetahuan dan skill nades ini bisa jadi yang akan menjadi penentu Anda memenangkan pertarungan tim ataupun 1 lawan 1.

Lagipula, penggunaan utilities yang cerdas merupakan salah satu pembeda terbesar antara pemain pro dengan pemain amatir.

grenade

Mari kita langsung membahasnya lebih dalam.

Pertama, mari kita berbicara soal prioritas. Menurut Agil, dari semua tipe nades yang ada di CS:GO, urutan prioritas yang harus Anda pertimbangkan adalah smoke grenade, molotov, flashbang, dan terakhir HE grenade.

Jadi, andaikan uang Anda terbatas, bagi Agil, urutan prioritas tadi adalah yang harus digunakan.

Kenapa smoke grenade menjadi prioritas utama? Karena ada banyak trik yang bisa dilakukan dengan smoke ini.

Pertama, ada satu trik smoke grenade yang bisa dipelajari oleh para pemula yang sangat berguna, yang diberi nama one-way smoke. One-way smoke ini memungkinkan Anda untuk menghalangi pandangan lawan tanpa harus menghalangi pandangan Anda.

Anda bisa mempelajari trik ini dengan melihat video di bawah ini.

Kedua, smoke grenade juga dapat digunakan untuk memadamkan api molotov. Selain itu, ada juga strategi melemparkan smoke grenade saat ingin menanam ataupun men-defuse bom agar menyulitkan lawan menemukan lokasi Anda.

Tentu saja, ada banyak trik smoke lain yang akan terlalu panjang jika dibahas semuanya di sini. Namun demikian, Anda bisa mulai mencari-cari video tutorial tentang trik-trik smoke grenade ataupun mulai memperhatikan penggunaan smoke di pertandingan-pertandingan profesional.

Sedangkan molotov menjadi prioritas kedua karena fungsinya juga yang lebih fleksibel. Ia dapat digunakan untuk memaksa lawan berpindah tempat atau menjauhi spot tertentu.

Lalu bagaimana antara utilities vs. weapon? Manakah yang harus didahulukan? Menurutnya, pertimbangan antara utilities vs. weapon itu sepenuhnya tergantung pada tujuan pemainnya.

csgo-kills

Jika taktik dan strategi yang ingin dituju, utilities lah yang menang karena utilities tadi yang akan memungkinkan sejumlah taktik bisa dijalankan. Namun sebaliknya, jika tujuannya adalah head-on battle, senjata lah yang harus diprioritaskan.

Jadi, misalnya Anda bermain sendiri dan Anda sedang haus kill, Anda bisa melupakan utilities dan membeli senjata yang Anda inginkan.

Hal ini juga berlaku jika Anda bermain dalam tim. Misalnya, Anda berperan sebagai entry position, prioritas Anda lebih ke senjata. Namun, jika Anda berperan sebagai pengatur strategi, misalnya seperti Richard Permana di nxl>, utilities adalah prioritas utamanya.

assaultsuithud_csgo

Itu tadi dibanding dengan senjata, lalu bagaimana dengan prioritas utilities vs. defense, kevlar dan helm?

Menurut Roseau, kevlar lebih penting daripada utilities karena tanpa kevlar Anda akan cepat sekali tewas. Namun demikian, untuk helm, pertimbangan ini tergantung dari sisi mana Anda bermain.

Jika Anda bermain di sisi CT, Anda bisa mengalokasikan anggaran helm ke utilities. Karena, sisi Tero kemungkinan besar akan pakai AK-47 dan helm tidak akan dapat menahan damage AK-47 jika kena kepala.

Sebaliknya, Anda wajib membeli helm dan kevlar jika bermain di sisi Tero karena CT tidak memiliki akses ke AK-47.

vulcan-1024

Agil juga menambahkan satu teknik yang mungkin belum diketahui banyak pemain pemula adalah penggunaan klik kanan saat menggenggam nades.

Jadi, jika Anda menggunakan klik kanan untuk melemparkan flashbang, flashbang tersebut akan ‘pecah’ lebih cepat ketimbang menggunakan klik kiri. Anda juga bisa memaksa flashbang untuk ‘pecah’ lebih lambat dengan cara menekan klik kanan dan kiri secara bersamaan.

Praktek penggunaan klik kanan ini bisa Anda eksperimen sendiri untuk menyesuaikan situasi – karena terlalu banyak skenario yang jika ingin dibahas satu demi satu.

Terakhir, sebenarnya masih ada banyak sekali trik yang tidak bisa kami tuliskan semuanya di sini. Namun Anda bisa mulai meluangkan waktu dan mencari video-video trik smoke, flashbang, dan kawan-kawannya.

Pasalnya, penggunaan utilities yang baik tidak hanya akan memastikan sejumlah strategi dapat dilakukan, namun juga mengelabuhi lawan dengan smoke, membunuh musuh yang sedang ‘buta’ gara-gara flashbang, atau pun membuat panik lawan yang sedang menanam atau men-defuse bom dengan molotov adalah hal-hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan di CS:GO.

So, selamat belajar…!

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: New CS:GO Roster May 2017

  Moments ago, we have said that we will release our new CS:GO roster, which …

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: