Wednesday , 18 October 2017
Home / News / nxl> BootCamp #2: Aiming
Because Winning is Everything

nxl> BootCamp #2: Aiming

Kita kembali lagi ke artikel nxl> BootCamp. Jika Anda belum membaca BootCamp pertama, Anda bisa membaca tips & tricks Movement dari Albert ‘Frostmisty’ Giovanni terlebih dahulu.

Jika sudah, mari kita belajar tips & tricks dari salah satu skill paling krusial yang Anda butuhkan untuk bermain CS:GO, yakni Aiming.

Pada tutorial Aiming ini, kita akan dipandu oleh anggota terbaru dari TEAMnxl>, Bagas Gunadi, alias Banteng yang katanya memiliki skill Aim layaknya menggunakan cheat.

bagas

Why?

Saya kira saya sudah tidak perlu menjelaskan lagi kenapa skill Aiming itu penting. Karena semua gamer yang pernah bermain game FPS tentu tahu signifikansi skill akurasi menembak ini.

Where?

Seperti untuk melatih Movement, Anda juga bisa menggunakan Custom Map yang khusus dirancang untuk melatih Aiming Anda.

Untuk menggunakan map ini, Anda bisa mengunduh Custom Map dari Steam Workshop atau Browse Community Server dengan mencari map “aim_”.

aim-map-1

aim-map-2

Di map ini, Anda juga bisa bermain offline melawan bot atau online melawan pemain lain. Namun yang pasti, di sini, Anda tidak akan direpotkan dengan objektif memasang bom ataupun mempertahankan bomb site.

Biasanya, di map ini, Anda juga tak perlu membeli senjata karena semua senjata yang Anda inginkan sudah tersedia di lantai dan Anda hanya perlu mengambilnya.

aim-map-3

Karena itulah Anda tak perlu pusing dengan money management ataupun strategi lainnya sehingga Anda bisa lebih fokus melatih akurasi Anda.

Selain menggunakan Custom Map, Anda juga bisa mencari Death Match (DM) mode dimana Anda harus membunuh siapapun, termasuk kawan satu tim. DM ini juga sangat berguna untuk melatih reflek Anda – jadi tidak mudah kaget seperti kakek-kakek ^,^ – yang juga akan berpengaruh pada aiming Anda.

How?

steelseries_25_wallpaper_hd_logo

Bagas mengatakan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan mouse sesuai dengan tangan / posisi tangan. Sesuaikan juga settingan mouse seperti Sensitivity dengan selera Anda.

Jika Anda tertarik membaca signifikansi gaming mouse dan apa yang harus dilakukan untuk mencari gaming mouse terbaik, Anda bisa membaca artikel kami beberapa waktu yang lalu.

Jangan lupa juga membuka Console di dalam game untuk menjalankan sejumlah command yang dapat digunakan agar Anda bisa mendapatkan settingan senyaman mungkin.

tutorials-1-0-52458800-1345719729

Bagas mengaku satu aspek yang wajib ia sesuaikan dari Console adalah Field of View (FOV) yang akan mengganti sudut pandang permainan sesuai selera. Bagas lebih suka ketika ia bisa melihat keseluruhan senjata untuk memudahkannya mendapatkan akurasi.

Berikut adalah setting FOV yang digunakan oleh si Banteng:

viewmodel_fov 68

viewmodel_offset_x 3

viewmodel_offset_y 3

viewmodel_offset_z -3

Bagas menambahkan, salah satu hal penting dalam aspek aiming adalah membiasakan diri dengan ‘spread’ alias pola tembakan senjata yang berbeda-beda.

Di CS:GO, ada 2 senjata yang wajib dikuasai, yaitu AK-47 dan Carbine (M4A4 / M4A1-S). Pasalnya, kedua senjata tersebut merupakan senjata paling efisien dan ideal untuk masing-masing sisi, AK-47 untuk Terro, dan Carbine untuk CT.

weapon-csgo

Selain 2 senjata tadi, semakin banyak Anda menguasai recoil senjata yang berbeda-beda semakin bagus pula Anda bisa bermain karena faktanya Anda akan berada pada banyak kesempatan untuk tidak bisa memilih senjata yang Anda inginkan, misalnya seperti saat Eco-Round.

Untuk latihan mengendalikan ‘spread’ senjata, yang pertama harus Anda lakukan adalah menembakkan senjata yang ingin dipelajari tanpa menggerakkan mouse sama sekali ke dinding.

recoil training ak & carbine
Klik di gambar untuk memperbesar

 

Jadi, biarkan recoil senjata tersebut seliar mungkin. Pelajari hasil tembakan senjata tersebut dan kemudian belajarlah untuk menggerakkan mouse ke arah yang berlawanan dari recoil senjata tadi.

Misalnya, jika recoil senjata mengarahkan tembakan ke kiri atas, berarti Anda harus menggerakkan mouse ke bawah kanan agar tembakan Anda lebih terpusat ke satu titik.

Selain itu, biasakan diri untuk tidak bergerak saat menembak. Biasanya, kesalahan para pemula adalah mereka bergerak saat sedang menembak. Kalaupun Anda harus menghindar, idealnya, yang harus Anda lakukan adalah geser, berhenti tembak, geser lagi, baru tembak lagi.

Ketika Anda menembak sambil bergerak, akurasi Anda akan menurun drastis dan akan semakin banyak pula peluru yang terbuang – jika Anda sampai kehabisan peluru dan reload di tengah-tengah pertempuran, kemungkinan besar Anda pasti mati.

Final Words

Akhirnya, Bagas mengatakan latihan tetap menjadi kunci utama untuk mengasah akurasi. Biasakan diri dengan mouse dan pergerakan crosshair agar tidak kelebihan atau kurang saat mengarahkan tembakan.

Plus, latihan juga akan melatih mental dan reaksi Anda agar tidak cepat panik karena ketika panik akurasi Anda akan menurun drastis. Bagaimanapun juga jam terbang adalah yang menentukan antara pemain pro dan amatir. Jadi, jangan pernah malas untuk berlatih… 🙂

nxl-bootcamp-aiming

Kita akan membahas tips dan trik lainnya dari anggota TEAMnxl> yang berbeda di lain kesempatan.

Selamat Berlatih…!

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: fLx out, voogy is back!

Rebuilding a whole roster of champion is always extremely difficult. When we set out on …

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: