Monday , 24 July 2017
Home / News / nxl> BootCamp #1: Movement
Because Winning is Everything

nxl> BootCamp #1: Movement

Bermain CS:GO itu tidak semudah kelihatannya. Ada banyak hal yang harus dipahami dan dikuasai jika Anda ingin berpeluang menang di kancah regional ataupun internasional.

Karena itulah, kami ingin berbagi banyak tips dan trik untuk Anda penggemar setia TEAMnxl> agar Anda bisa bermain lebih baik.

Pada artikel nxl>BootCamp pertama kita kali ini, kami akan membahas salah satu skill individu paling mendasar: Movement.

Pada artikel ini, Albert ‘FrostMisty’ Giovanni yang akan menjadi pelatih Movement Anda.

frostmisty

Why?

Mungkin ada yang bertanya, gunanya belajar pergerakan (movement) itu apa? Bukankah yang paling penting adalah aiming headshot?

Aiming memang penting namun pergerakan kita merupakan salah satu skill paling mendasar yang tak kalah penting, yang harus dikuasai jika ingin menguasai skill, strategi, dan teknik yang lebih kompleks.

Pertama, pergerakan Anda akan menentukan akurasi aiming Anda. Jika Anda sudah semakin terbiasa bergerak lincah, Anda bisa lebih fokus untuk mengarahkan crosshair.

nxl-bootcamp-movement

Salah satu efek dari movement ke aiming adalah reflek Anda. Semakin terbiasa Anda bergerak, semakin cepat juga reflek Anda saat bertemu lawan di waktu yang tidak Anda duga sebelumnya.

Kedua, pergerakan Anda akan sangat menentukan tingkat survivability (bertahan hidup) Anda. Misalnya saja, salah satu aspek strategi dalam CS:GO adalah Anda harus tahu kapan waktunya maju dan kapan waktu melarikan diri (misalnya ketika Anda bertemu dengan 3 lawan sekaligus).

Dengan pergerakan yang lincah, peluang Anda untuk melarikan diri akan jauh lebih besar. Kita akan bahas lebih jauh tentang trik melarikan diri ini di bagian selanjutnya.

nxl-bootcamp-movement-2

Ketiga, yang tak kalah penting, dengan movement yang terlatih, strategi tim Anda akan jadi jauh lebih bervariasi.

Misalnya saja, tim Anda bisa ‘nge-rush‘ dengan sempurna ketika setiap anggota tim dapat bergerak dengan cepat. Jika tidak, Anda akan kehilangan momentum dan kesempatan.

Situasi lain, katakanlah tim Anda berpencar dan ternyata ada 3 musuh di dekat kawan Anda. Jika Anda lincah bergerak, Anda bisa tiba di posisi teman Anda dan membantunya melawan musuh.

Sebaliknya, jika Anda lamban, kemungkinan besar, kawan Anda akan tewas terlebih dahulu dan peluang Anda akan memenangkan pertarungan jadi semakin kecil.

nxl-bootcamp-movement3

Where?

Untuk melatih pergerakan, Anda bisa memanfaatkan custom map yang memang sengaja dibuat untuk melatih reflek dan kecepatan Anda bergerak.

Untuk mengakses custom map ini, Anda bisa mencari map dengan awalan “kz_” di pilihan ‘Community Server‘. Atau Anda bisa mencari koleksi kz_ map lainnya di Steam Workshop.

community-server

community-server2

community-server3

Di sini, Anda tidak akan bertemu dengan musuh namun tujuan Anda adalah bergerak dari satu titik start ke titik finish dengan waktu secepat mungkin.

Dengan berlatih di kz_ map, Anda bisa melatih reflek dan kelincahan Anda bergerak karena di sini semua aspek pergerakan Anda akan diuji melawan waktu.

nxl-bootcamp-movement-4

How?

Selain berlatih, cara lain untuk meningkatkan skill individu kita adalah menyadari dan meminimalisir kesalahan yang sering kita lakukan.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para pemula dalam hal Movement, menurut FrostMisty.

nxl-bootcamp-bukaan-lebar-5

1. ‘Bukaan’ Terlalu Lebar

Bukan, yang dimaksud ‘bukaan’ di sini bukanlah ‘bukaan’ saat proses melahirkan… Namun ketika Anda bergerak keluar dari objek (dinding, boks, dll).

Biasanya, banyak pemain hanya asal jalan ketika bergerak menjauhi objek, padahal objek tadilah yang menjadi cover Anda dari tembakan lawan.

Ketika Anda bergerak terlalu jauh, atau ‘membuka’ terlalu lebar tadi, badan Anda akan langsung terlihat penuh oleh lawan sehingga memudahkan mereka untuk membidik Anda.

Idealnya, yang perlu Anda lakukan akan bergerak sedikit demi sedikit dari balik cover / objek sehingga musuh tidak bisa langsung melihat keseluruhan badan Anda. Mengintiplah dan tunjukkan pundak sedikit untuk menyulitkan lawan membidik Anda.

nxl-bootcamp-lari

2. Saat harus lari dan saat harus jalan

Selain ‘bukaan’ yang terlalu lebar tadi, kebanyakan pemain juga kurang memperhatikan kondisi kapan waktu yang tepat untuk berjalan dan kapan berlari.

Anda dapat mengasah pengalaman Anda untuk menilai kondisi dengan banyak berlatih. Namun, pada dasarnya, jika Anda ingin mengejutkan lawan – misalnya ingin, maaf, mem’bokong‘, Anda harus sabar dan berjalan agar suara langkah kaki Anda tidak terdengar lawan.

Sebaliknya, jika Anda bersama kawan, yang posisinya di belakang Anda, jangan terlalu lama bergerak – apalagi jongkok – karena hal tersebut akan membantu musuh menembak Anda berdua sekaligus.

Tentu saja, masih banyak kasus-kasus lain yang membutuhkan Anda menilai sendiri kondisi yang sedang terjadi – seperti misalnya, jangan berjalan ketika berada di lokasi yang terbuka atau yang lainnya.

Namun kuncinya adalah Anda harus banyak-banyak menyadari perbedaan antara berjalan dan berlari saat bertanding ataupun berlatih sehingga Anda akan semakin pandai dalam menilai kondisi yang berbeda-beda.

nxl-bootcamp-movement-jump

3. Tidak memanfaatkan lompatan

Melompatlah ketika Anda keluar dari cover (tembok atau objek lainnya) ketika Anda tahu ada lawan yang sudah menunggu Anda agar menyulitkannya membidik – hal ini penting dilakukan terutama ketika eco round (saat ingin menghemat uang dengan hanya menggunakan handgun).

Apalagi jika Anda bersama 1-2 kawan dan Anda bersama-sama melompat keluar dari cover. Hal ini akan membuat musuh panik dan tidak dapat membidik dengan baik.

nxl-bootcamp-bukaan-lompat

Jika Anda pandai melompat-lompat, Anda juga bisa sampai dari satu titik ke titik yang lain dengan lebih cepat. Misalnya, Anda berada di site Bomb A dan ternyata Anda harus bergerak ke site B. Jika Anda memanfaatkan lompatan, Anda bisa tiba di tempat tepat waktu karena Anda tak perlu jalan memutari objek-objek yang bisa dilompati.

j6T5hLk

4. Terlalu sering jongkok

Kami tahu bermain CS:GO itu menyeramkan bagi pemain pemula karena kita bisa saja mati dalam hitungan sepersekian detik. Karena hal itu, tidak sedikit pemain yang berdiam diri jongkok di ujung tembok dalam waktu yang terlalu lama.

Namun demikian, hal tersebut justru akan membuat Anda jauh lebih mudah dibidik lawan. Pasalnya, ketika Anda jongkok, Anda akan bergerak jauh lebih pelan.

Idealnya, Anda harus segera pindah dari posisi Anda apabila posisi tersebut sudah diketahui oleh lawan. Segera bangun dari jongkok dan bergeraklah ketika Anda tidak berhasil membunuh lawan yang yang memasuki daerah penjagaan Anda.

nxl-bootcamp-movement-jongkok

Selain terlalu lama, tidak sedikit juga yang terlalu sering jongkok ketika menembak. Lagi-lagi, ketika Anda jongkok, Anda akan bergerak jauh lebih pelan. Kecuali Anda yakin dapat membunuh musuh dengan satu kali tembakan, peluang Anda untuk bertahan hidup jauh lebih besar jika Anda tidak jongkok.

Selain itu, perhatikan juga posisi rekan Anda. Jika Anda bergerak keluar dari cover dan ada kawan di belakang Anda, jangan langsung jongkok karena hal tersebut akan menghambat pergerakan kawan Anda tadi.

nxl-bootcamp-movement-jongkok-2

5. Lari satu garis lurus

Ingat, Anda bukan Rambo jadi ketika Anda berada di posisi yang tidak menguntungkan (misalnya bertemu 2 lawan sekaligus), jangan malu untuk kabur – agar Anda bisa bertarung di kondisi lain yang lebih menguntungkan.

Ketika Anda kabur, jangan berlari satu garis lurus. Bergerak ke kanan dan ke kiri sembari meloncat-loncat untuk menyulitkan musuh menembak Anda. Jangan panik ketika berada di situasi sulit, tetaplah tenang sehingga Anda bisa bergerak dan mengecoh lawan dengan pergerakan Anda.

csgo-ilustration-by-denise-makar

Final Words

Akhirnya, artikel ini memang tidak mungkin akan membuat Anda tiba-tiba jago bergerak dengan sempurna karena jam terbang Anda bermain tetap menjadi penentu terbesar Anda.

Namun demikian, dari artikel ini, Anda sekarang sudah tahu betapa pentingnya penguasaan movement, tempat berlatih, dan kesalahan-kesalahan yang bisa Anda perbaiki. Semoga dengan tips dasar ini, Anda bisa lebih baik memanfaatkan setiap sesi latihan.

Kita akan membahas movement di tingkatan yang lebih kompleks ataupun skill, strategi, dan teknik lain di lain kesempatan.

Selamat Berlatih…!

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: New CS:GO Roster May 2017

  Moments ago, we have said that we will release our new CS:GO roster, which …

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: