Monday , 24 July 2017
Home / News / Nintendo akan Kembali Serius ke eSports dengan Switch?
Because Winning is Everything

Nintendo akan Kembali Serius ke eSports dengan Switch?

Saat ini industri gaming sedang digemparkan dengan Nintendo Switch karena fungsinya yang begitu versatile antara console / mobile gaming.

Namun kali ini saya tidak akan bahas soal hardware atau perangkatnya karena mungkin sudah banyak media lainnya yang membahas soal itu.

Satu hal yang menarik, yang mungkin tidak disadari, adalah di dalam trailer Nintendo Switch tersebut Nintendo menampilkan scene eSports di bagian akhir trailer-nya. Lalu apa uniknya, bukankah eSports memang sedang hangat-hangat di semua platform? Well, faktanya, tidak dengan Nintendo.

Nintendo memang salah satu perusahaan gaming tertua dan juga salah satu sponsor kompetisi gaming pertama dalam sejarah (Anda bisa baca sejarah eSports yang pernah saya tuliskan).

Namun beberapa tahun belakangan, Nintendo tidak terlalu antusias dengan yang namanya profesional gaming. Pada EVO 2013, yang merupakan salah satu turnamen game fighting terbesar sedunia, Nintendo berusaha keras menarik Super Smash Bros. Melee (2001) dari perlombaan.

Tahun berikutnya, Masahiro Sakurai, kreator Super Smash Bros. Series, mengemukakan opininya bahwa ia menyesali bahwa Melee tadi menjadi game yang hanya dinikmati oleh fans fighting hardcore.

super_smash_bros-_wii_u

 

Upaya Nintendo menarik dirinya dari eSports sebenarnya dapat dipahami karena mereka ingin membangun image-nya sebagai konsol yang dapat dimainkan semua orang dalam situasi sosial (friendly play) dan mereka tidak ingin menakuti para pemain kasualnya, dengan terjun di industri profesional gaming.

Namun nampaknya waktu sudah berubah. Apakah di 2016 ini Nintendo akan kembali meramaikan event eSports, seperti yang sering mereka adakan di tahun ’90an? Atau scene eSports di trailer tadi hanyalah sekedar marketing semata? Kita tunggu saja…

 

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: New CS:GO Roster May 2017

  Moments ago, we have said that we will release our new CS:GO roster, which …

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: