Monday , 24 July 2017
Home / News / Mengapa Game Modern Jaman Sekarang Membunuh Kartu Grafis Anda?
Because Winning is Everything

Mengapa Game Modern Jaman Sekarang Membunuh Kartu Grafis Anda?

Playing the Masterpiece in a Way it’s Meant to be Played

Game-game modern memang memiliki fitur-fitur grafis tercanggih yang mengijinkan Anda bermain serealistis mungkin. Namun sayangnya, fitur-fitur canggih tersebut memang berat dan membuat kartu grafis Anda tersiksa.

Anda memang bisa mematikan fitur-fitur canggih seperti Ambient Occlusion, Dynamic Shadow, Anti-Aliasing, Anistrophic Filtering, ataupun V-Sync untuk bisa mendapatkan performa sekencang mungkin. Namun hal itu berarti Anda tidak lagi memainkan game modern seperti selayaknya ia dimainkan dan Anda juga kehilangan keistimewaan bermain di PC gaming, yang seharusnya memberikan visualisasi grafis satu tingkat di atas konsol – karena PC modern memang memiliki daya komputasi di atas konsol.

Hal tersebut tentu saja memang terasa menyebalkan karena Anda harus memilih antara performa ataupun kualitas visual – kecuali Anda mau menggelontorkan dana besar untuk membeli kartu grafis high-end. Karena itulah, NVIDIA menawarkan sepaket solusi yang bisa mengatasi permasalahan tadi sehingga Anda tetap bisa mendapatkan kualitas visual terbaik tanpa harus mengorbankan performa dengan NVIDIA GameWorks.

Berhubung sebuah mahakarya belum lama ini dirilis, kali ini kita akan menggunakan contoh fitur-fitur istimewa dari NVIDIA GameWorks yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan performa dan kualitas grafis dari The Witcher 3: Wild Hunt dengan menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce.

Sebelum kita membahas beberapa fitur NVIDIA GameWorks, Anda bisa melihat video di bawah ini untuk melihat sendiri seperti apa kecanggihan visual yang ditawarkan tanpa harus mengorbankan framerate terlalu jauh.

1. NVIDIA HairWorks

Rambut memang kedengarannya soal sepele namun justru detil kecillah yang kadang menentukan faktor imersifitas sebuah game: apakah Geralt memang berambut putih gondrong atau hanya sekedar menggunakan wig gimbal…

NVIDIA Hairworks menambahkan lebih banyak poligon untuk tiap helai rambutnya dan juga menerapkan kalkulasi physics (gravitasi, hembusan angin, pergerakan karakter, dkk.) lebih menyeluruh sehingga Geralt tidak lagi seperti mengenakan wig yang mau copot.

Klik di sini untuk melihat keistimewaan dari HairWorks MSAA.

Dengan NVIDIA HairWorks, Anda memiliki 3 opsi: Off, Geralt Only, atau All. Bagi Anda yang menggunakan kartu grafis kelas high-end, Anda bisa menggunakan opsi All untuk mendapatkan visualisasi terbaik. Untuk pengguna mainstream, Geralt Only mungkin adalah opsi yang ideal antara kualitas / performa.

Anda bisa melihat tabel perbandingan performa yang telah dibuat oleh NVIDIA di bawah ini.

2. HBAO+

Ambient Occlusion memang sebenarnya bukan fitur baru karena ia dikenalkan pada tahun 2001 di film Pearl Harbor dan mulai didukung di komponen hardware di tahun 2003 oleh kartu grafis NVIDIA GeForce FX. Namun karena memang sangat membebani performa kartu grafis, terutama kelas Mainstream dan Low-End, banyak gamer mengacuhkan fitur ini.

Padahal, fitur Ambient Occlusion menambahkan banyak sekali efek visual yang membuat atmosfir game terasa lebih hidup dan tidak monoton karena memanfaatkan kalkulasi bayangan (shadow) berbagai objek dengan lebih akurat. Karena itulah, dengan Ambient Occlusion, game horor jadi terasa lebih seram, game action lebih mendebarkan, ataupun game racing jadi lebih memacu adrenalin.

Interactive Comparisons
NVIDIA HBAO+ vs. SSAO NVIDIA HBAO+ vs. Off SSAO vs. Off

Pengguna kartu grafis NVIDIA GeForce kini tak perlu risau karena NVIDIA telah menawarkan solusi ideal dengan HBAO+ yang menawarkan fitur Ambient Occlusion yang lebih hidup tanpa terlalu perih kehilangan banyak framerate. Ambient Occlusion, biasanya, mengakibatkan penurunan framerate sampai dengan 30% namun, dengan HBAO+, penurunan performanya hanya di kisaran ~10% yang mungkin tidak akan terasa oleh mata kita.

3. PhysX

Fitur PhysX memang sudah lama sekali menjadi unggulan kartu grafis NVIDIA GeForce karena ia membuat segalanya jadi terasa lebih indah, (kayak awal-awal baru ‘jadian’ itu lho ^,^).

Fitur PhysX di dalam The Witcher 3: Wild Hunt paling kentara terlihat pada aspek clothing dan destruction. Pada aspek clothing, Anda bisa melihat pergerakan kain dan pakaian yang ada di dalam game jadi terasa lebih riil. Kembali lagi, kedengarannya hal ini mungkin sepele, namun Anda bisa mencoba mengaktifkan fitur ini terlebih dulu dan melihat perbedaanya. Aspek clothing ini sebenarnya memang bisa dimatikan bagi mereka yang tidak bisa melihat signifikansinya. Namun demikian, fitur PhysX ini penting juga dinyalakan karena berpengaruh pada aspek lainnya yang sangat besar signifikansinya terhadap pengalaman bermain terbaik: Destruction!!

Geralt bisa jadi terlihat lebih powerful sebagai mutant eksperimental pembasmi monster dengan efek kehancuran yang lebih dahsyat dengan PhysX.

4. NVIDIA DSR (Dynamic Super Resolution)

Bagi Anda yang belum tahu, NVIDIA Dynamic Super Resolution merupakan fitur yang mengijinkan Anda bermain game dengan resolusi yang lebih besar dari resolusi native monitor Anda. Jadi misalnya, meski Anda menggunakan monitor Full HD dengan resolusi 1920×1080, Anda bisa bermain game dengan resolusi 4K.

Signifikansinya apa? Pertama, Anda bisa mendapatkan gambar yang lebih tajam tanpa jaggies karena jumlah pixel yang lebih tinggi. Kedua, apakah Anda tahu harga monitor 4K saat ini? Yup, Anda bisa menghemat budget dengan membeli monitor Full HD yang jelas lebih terjangkau namun tetap dapat menikmati cantiknya paras resolusi 3840×2160.

Tentu saja, game Anda akan berjalan sedikit lebih berat (sama seperti ketika Anda menjalankan gamenya di monitor 4K native – jadi Anda butuh kartu grafis kelas menengah ke atas) namun tetap saja sangat menggiurkan karena banderol harga monitor 4K yang masih amit-amit.

5. GPU Boost 2.0

Fitur GPU Boost 2.0 juga tidak kalah istimewa karena NVIDIA mengijinkan Anda memacu kartu grafis Anda lebih kencang dari spek pabrikannya dengan overclocking otomatis.

Yup, dengan overclocking otomatis ini, kartu grafis kelas menengah yang tadinya sedikit tersendat menjalankan settingan grafis rata kanan, jadi bisa berlari lebih lancar – tanpa biaya sepeserpun, hanya dengan satu kali sentuhan.

Finale

Jadi, semua fitur unggulan dan ekslusif NVIDIA tadi bisa Anda dapatkan di sebuah kartu grafis kelas menengah yang begitu cantik dan genit menggoda, NVIDIA GeForce GTX 960. Yup, cuma NVIDIA yang mengijinkan Anda memainkan game dengan visual terbaik dengan kartu grafis kelas menengah dengan harga yang masih masuk akal buat sebagian besar gamer.

Dengan 1024 CUDA Cores dan berbasiskan arsitektur Maxwell, kartu grafis ini tidak hanya istimewa dalam hal performa namun juga soal efisiensi daya karena ia hanya membutuhkan daya sebesar 120W – sehingga Anda tak perlu lagi takut dengan tagihan listrik bulanan yang menyeramkan.

Jadi, kini Anda tahu bahwa Anda tidak lagi harus menyerah dan merelakan bermain sebagai Geralt, sang kakek kakek dengan wig gimbal di dunia kartun, demi framerate.

Namun, Anda bisa kembali sebagai Geralt of Rivia, sang mutant experimental pembasmi monster di dunia yang buas dan liar – seperti selayaknya dan seharusnya game mahakarya ini dimainkan. With NVIDIA GeForce, every game will be played in the Way it’s Meant to be Played.

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: New CS:GO Roster May 2017

  Moments ago, we have said that we will release our new CS:GO roster, which …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: