Wednesday , 18 October 2017
Home / News / GeForce Experience 3.0: Tampil Lebih Seksi, dengan Lebih Banyak Aksi
Because Winning is Everything

GeForce Experience 3.0: Tampil Lebih Seksi, dengan Lebih Banyak Aksi

Satu keunggulan PC gaming di atas saudaranya di konsol gaming yang tidak dapat disangkal adalah fleksibilitas, mulai dari setting grafis, kontrol permainan, bahkan sampai soal modding.

Sayangnya, tak jarang fleksibilitas ini jadi masalah bagi para gamer karena ada puluhan atau bahkan ratusan opsi yang harus dipilih dan tidak semua opsi itu dapat memberikan pengalaman gaming yang maksimal, yang sesuai dengan kondisi dan situasi Anda.

Misalnya saja dalam hal setting grafis. Ada puluhan atau bahkan lebih istilah-istilah yang harus dipelajari jika Anda ingin mendapatkan kondisi yang ideal seperti anti-aliasing, anisotropic filtering, v-sync, sampai ambient occlusion.

7_2_ambientocclusion_on

Itu kita masih belum berbicara tentang istilah grafis di setting game masing-masing, misalnya LOD distance, dynamic shadow, lens flare, dan kawan-kawannya.

Mungkin itulah tujuan awal NVIDIA menciptakan GeForce Experience sehingga semua gamer, yang tidak mau atau tidak sempat belajar istilah-istilah tadi, tetap bisa mendapatkan kualitas dan performa gaming maksimal yang sesuai dengan spesifikasi PC masing-masing.

Memang, faktanya, fine-tuning manual setting grafis itu pasti akan lebih optimal karena itu juga NVIDIA selalu membuatkan guide setting grafis yang lengkap untuk game-game populer, misalnya seperti guide Fallout 4 ataupun GTA V.

gta-v-pc-graphics-setting-screenshot

Namun, tentunya, tidak semua game dapat dibuatkan guide lengkapnya karena jumlah gamenya yang sudah terlalu banyak. Plus, fine-tuning manual tadi juga tidak akan makan waktu yang sebentar meski bagi para gamer yang familiar dengan setting grafis dan sambil melihat contekan guide dari NVIDIA tadi sekalipun.

Selain memberikan opsi settingan grafis optimal hanya dengan sekali sentuhan, GeForce Experience 3.0 juga memberikan segudang kelebihan baru dibanding versi sebelumnya.

Pertama, versi 3.0 ini dapat berjalan lebih kencang dan membutuhkan memori yang lebih sedikit. Bagi saya pribadi, inilah keunggulan paling menarik di versi terbaru ini. Pasalnya, saya sebisa mungkin membatasi jumlah aplikasi yang berjalan di background untuk menghemat memori.

screenshot-3-0
GeForce Experience untuk Fallout 4. Klik gambar untuk lebih detil.

Dengan memori yang lebih kecil, GeForce Experience tetap dapat berjalan di background tanpa harus mengganggu aktifitas gaming, meski bagi Anda yang memiliki jumlah memori yang terbatas sekalipun.

Kedua, perubahan menarik yang bisa langsung Anda lihat adalah UI barunya. UI ini penting karena selain membuatnya tampil lebih seksi, UI adalah pusat kendali dari setiap software (kecuali jika Anda lebih suka lihat tampilan Command Prompt).

Ketiga, fitur baru yang ditambahkan di versi 3.0 ini adalah pusat informasi PC gaming terbaru dari NVIDIA, mulai dari info driver terbaru, guide grafis game terbaru seperti yang saya contohkan tadi, ataupun update informasi PC gaming lainnya di satu lokasi.

geforce-experience-3-0-beta-game-ready-drivers-alt

Selain tiga perubahan istimewa tadi, GeForce Experience 3.0 ini juga mengupgrade fungsi-fungsi versi sebelumnya jadi lebih hebat, dari aspek game sharing.

Ada 2 fitur istimewa di aspek game sharing ini, NVIDIA ShadowPlay dan GameStream Co-Op, Anda bisa membaca tulisan kami juga tentang Shadowplay dan GameStream Co-Op.

Di aspek sharing ini, versi 3.0 mengupgrade sejumlah fitur seperti rekam video gameplay di resolusi 4K@60FPS ataupun Live Streaming di Youtube di 1080P@60FPS.

Pun demikian, ada satu aspek baru yang sedikit kontroversial di versi terbaru ini, yang penting untuk disampaikan, adalah fitur wajib login di GeForce Experience, baik itu dengan akun Google, Facebook, ataupun akun NVIDIA.

login

Mungkin memang fitur login yang opsional, bukan yang wajib, bisa lebih fleksibel dan diterima untuk semua pengguna.

Namun, bagi saya pribadi, faktanya jika Anda adalah pengguna smartphone (yang berarti untuk jaman sekarang ini adalah semua orang, kecuali balita dan kaum manula nyahahaha…), Anda juga pasti harus punya akun dan login untuk menggunakan ponsel pintar Anda, mau itu Android, iPhone, ataupun Windows phone.

Jadi, sebenarnya, tidak aneh juga ketika NVIDIA menerapkan kebijakan wajib login karena memang sekarang adalah jamannya customized experience dan juga ada sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan dengan login akun ini, seperti opsi yang tersimpan di cloud, yang bisa diakses dimanapun Anda berada.

Akhirnya, terlepas dari kebijakan wajib login tadi, GeForce Experience 3.0 tetap saja lebih istimewa karena lebih kencang, lebih banyak fitur, namun lebih irit resource. Plus, satu hal yang tetap membuatnya istimewa adalah ia akan membantu Anda mendapatkan pengalaman gaming seperti selayaknya ia dimainkan, hanya dengan satu kali sentuhan.

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: fLx out, voogy is back!

Rebuilding a whole roster of champion is always extremely difficult. When we set out on …

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: