Monday , 24 July 2017
Home / News / Gaming Headset Hunting!
Because Winning is Everything

Gaming Headset Hunting!

Mungkin, dari 3 gaming peripheral paling penting, gaming headset merupakan perangkat yang paling sering dianaktirikan.

Banyak gamer merasa mouse dan keyboard jauh lebih signifikan dalam menunjang skill bermain.

Namun demikian, faktanya, salah satu keunikan dari gaming peripheral adalah faktor subyektifitas berpengaruh jauh lebih kental di sini —dibanding jeroan PC seperti kartu grafis dan CPU. Pasalnya, gaming peripheral berkaitan erat dengan skill gaming individu Anda.

STEELSERIES_Gaming_mouse_720

Misalnya saja seperti ini, jika Anda mengupgrade kartu grafis dari harga Rp 1 juta menjadi yang harga Rp 3 jutaan, kenaikan performa PC Anda akan sangat terasa – siapapun itu penggunanya.

Sebaliknya, mengganti mouse standar menjadi mouse gaming, bisa jadi berimbas sangat berbeda antara gamer satu dengan yang lainnya. Gamer yang memang menaruh perhatian pada skill aiming mungkin akan merasakan sejumlah perbedaan.

Itupun juga akan sangat bergantung pada bentuk mouse gaming yang baru saja dibelinya. Anda bisa membaca lebih detil mengenai gaming mouse di tips memilih gaming mouse terbaik.

Lalu bagaimana dengan gaming headset? Sejauh manakah ia akan berpengaruh ke skill gaming Anda? Well, saya juga tidak bisa menjawab pertanyaan tadi.

STEELSERIES_Gaming_headset_720

Namun satu hal yang pasti, sedikit banyak, gaming headset TETAP akan memberikan pengaruh positif ke skill gaming Anda.

Anda bisa mencoba sendiri hal ini. Coba mainkan game-game kesayangan Anda dan matikan suaranya. Saya yakin, game apapun itu, akan jadi lebih sulit dimainkan ketika tidak ada suaranya.

Kenapa begitu? Karena indra pendengaran kita, selain penglihatan, juga berfungsi untuk meningkatkan kesadaran (awareness) kita akan apa yang terjadi di sekitar kita.

Gaming headset akan memberikan banyak pengaruh ke indra pendengaran kita meningkatkan awareness yang tidak terdeteksi ataupun membantu singkronisasi dengan indra penglihatan kita.

csgo9

Jadi, untuk gaming headset sendiri, sama seperti gaming peripheral lainnya, ada 3 kriteria yang perlu Anda perhatikan: comfortability (kenyamanan), feature, dan durability.

Namun, aspek kenyamanan di sini, bagi saya, menjadi faktor paling penting untuk dipertimbangkan.

Comfortability

Pasalnya, idealnya, bermain game di PC itu bukan hanya sekedar 1-2 jam, namun juga bahkan bisa sampai 4 jam lebih dalam sekali duduk. Jika Anda menggunakan gaming headset yang kurang nyaman, kemungkinan besar Anda akan kegerahan ataupun merasa sakit di telinga.

Ketidaknyamanan ini, pada akhirnya, akan berpengaruh juga pada skill gaming Anda. Jika Anda tidak percaya coba bermain game berdiri dengan satu kaki diangkat ke atas. Kami yakin Anda tidak akan sejago biasanya ketika bermain dengan posisi ternyaman Anda – kecuali memang posisi ternyaman Anda adalah bermain game dengan posisi senam tadi…

263498-SS1

Lalu, bagaimana caranya mencari gaming headset paling nyaman?

Pertama, Anda bisa melihat spesifikasi berat dari produk tersebut. Semakin ringan sebuah headset, semakin nyaman pula ia digunakan. Sebisa mungkin, carilah produk yang membuat Anda tidak menyadari bahwa Anda sedang menggunakannya. Anggaplah seperti kenyamanan dalam mencari kacamata baru – Anda yang memiliki masalah kesehatan mata tentu tahu maksud saya.

Kedua, carilah headset dengan mekanisme cengkraman yang pas, tidak terlalu longgar ataupun ketat. Headset yang terlalu longgar di kepala akan membuatnya goyang-goyang jadi Anda juga pasti akan terganggu ketika bermain – apalagi jika Anda adalah salah satu gamer hiperaktif saat bermain.

outplacement

Sebaliknya, headset yang terlalu mencengkram juga akan membuat Anda tidak betah berlama-lama menggunakannya. Telinga Anda akan merasa sakit dan kepala Anda akan merasa kegerahan karena tidak ada cukup udara yang masuk lewat telinga.

Contoh dari headset paling nyaman yang pernah saya gunakan sendiri adalah SteelSeriesSiberia V2 FrostBlue. Ia sangat ringan dan mekanisme cengkramannya terasa pas di kepala saya.

Pasalnya, sebagian besar headset SteelSeries menggunakan 2 mekanisme cengkraman yang khas di setiap headsetnya, satu plastik yang solid di bagian atas dan satu karet yang fleksibel di bawahnya. Hal ini jadi membuatnya mencengkram erat namun tidak terlalu ketat.

siberia-frost-blueFitur

Pertama, yang saya maksudkan dengan fitur di sini juga termasuk kualitas suara yang dihasilkannya.

Warna suara yang ideal juga sangat subyektif bagi tiap pengguna karena bisa jadi ada orang yang suka dengan suara full treble namun ada juga yang lebih menyukai full bass, atau yang berada di tengah-tengah.

Namun idealnya, untuk gaming, Anda membutuhkan warna suara yang berada di tengah-tengah antara dominasi bass dan treble.

CoD-Gameplay-2

Pasalnya, headset dengan warna bass terlalu kuat, biasanya, akan mengurangi tingkat fidelity / clarity-nya. Sedangkan di game, kadang ada suara-suara yang tidak terlalu kencang namun penting untuk diperhatikan, seperti suara langkah kaki.

Namun begitu, Anda tetap membutuhkan suara bass yang kuat juga (sehingga treble tidak terlalu dominan) demi kenyamanan – karena telinga saya sakit jika mendengar headset dengan suara treble yang terlalu dominan – dan demi atmosfir yang lebih riil.

Suara ledakan, ambience sound di game horor, ataupun suara deru mobil, semuanya membutuhkan suara bass yang kuat agar membuat game tersebut terasa semakin nyata.

amnesiashot

Selain kualitas suara yang dihasilkan, mungkin Anda juga ingin mempertimbangkan fitur-fitur sekunder seperti nyala-nyala lampu.

Bagi saya, fitur-fitur sekunder tersebut memang menarik untuk dimiliki namun tidak wajib.

Untuk headset dengan warna suara yang cukup ideal contohnya adalah SteelSeries Siberia 200 yang saya gunakan sekarang ini. Dentuman bass-nya terasa namun tidak menghalangi fidelity dan clarity-nya. Sehingga saya tetap bisa menikmati permainan tanpa harus mengorbankan skill bermain.

Plus, harga Siberia 200 ini terhitung sangat murah untuk kualitasnya. Dengan US$ 99, Anda bisa mendapatkan kualitas suara yang tidak berbeda jauh dengan seri Siberia lain yang lebih premium. Hanya saja, faktor kenyamanannya masih kalah dibanding dengan kakak-kakaknya tadi yang memiliki bantalan telinga yang lebih empuk.

Siberia-200

Durability

Sayangnya, sama seperti gaming mouse, faktor durabilitas adalah faktor yang paling sulit untuk diuji. Namun demikian, faktanya, sebuah produk pasti memiliki umurnya masing-masing.

Jadi paling tidak, Anda bisa mencari sebuah produk gaming headset yang tidak akan rusak, patah, mati total dalam 3 tahun, atau kalau bisa lebih.

Bahan pembuat headset tentu saja penting dalam menentukan durabilitas. Meski memang sebagian besar produk headset menggunakan bahan plastik, plastik antar satu produk dengan yang lain bisa jadi sangat berbeda kualitasnya.

3-5mm_jack_to_jack

Biasanya, gaming headset berkualitas tidak akan mudah patah dan bagian headset paling cepat uzur adalah justru di bagian jack 3.5mm nya – terutama jika Anda sering cabut colok. Jadi, Anda bisa mencari headset dengan lapisan emas (gold plated) di jack tersebut untuk membantu memberikan durabilitas lebih.

Bantalan telinga juga merupakan bagian kedua yang biasanya paling cepat lepas. Jadi, pastikan bantalannya terlihat solid karet-karet pembungkusnya.

Kembali lagi, Siberia 200 yang saya gunakan adalah salah satu contoh yang bisa saya berikan di aspek durabilitas. Kualitas bahan pembuatnya terasa solid dan bantalannya pun terasa tidak akan gampang sobek meski bertahun-tahun digunakan.

SteelSeries_headsets-tech-boom

Conclusion

Akhirnya, gaming peripheral mungkin memang akan memberikan signifikansi yang berbeda-beda untuk tiap orang. Ada yang butuh gaming mouse untuk memberikan dampak positif besar terhadap skill individu. Namun tak sedikit juga yang justru membutuhkan gaming headset untuk memberikan dampak yang sama besar.

Jadi, jika Anda masih saja ‘cupu’ meski sudah menggunakan gaming mouse dan keyboard ^,^, mungkin Anda membutuhkan sebuah gaming headset berkualitas. Tentu saja, saya tidak bisa menjamin skill Anda akan meningkat berkali-kali lipat, karena hal tersebut akan sangat terkait dengan jumlah jam terbang Anda.

Namun paling tidak, Anda bisa membeli gaming headset bagus untuk membantu Anda memudahkan proses latihan yang panjang dan melelahkan. Dan, Anda sekarang sudah tahu bagaimana caranya untuk memilih gaming headset tersebut.

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: New CS:GO Roster May 2017

  Moments ago, we have said that we will release our new CS:GO roster, which …

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: