Monday , 24 July 2017
Home / News / Everything’s Better with Friends (& NVIDIA)
Because Winning is Everything

Everything’s Better with Friends (& NVIDIA)

 

Disadari atau tidak, kenyataannya, manusia adalah mahluk sosial… Tak jarang kita merasa sepi saat main game berkawan NPC. Manusia, se-introvert apapun, sebenarnya ingin sekali berbagi dan butuh kawan bermain…

Bermain dengan teman berarti Anda bisa memamerkan skill gaming yang telah Anda asah selama ratusan jam. Atau malah sebaliknya, teman Anda yang punya jam terbang bermain lebih tinggi bisa mengajarkan beberapa trik baru. Terlebih lagi, di game-game kompetitif, lawan tanding Anda akan ikut berpengaruh terhadap perkembangan skill individual Anda. Semakin sering Anda melawan musuh yang tangguh, semakin sering terasah pula skill gaming Anda.

Dari segi pengalaman gaming, bermain dengan teman juga memiliki pengaruh besar. Misalnya, bermain game horror macam Amnesia sendirian mungkin akan membuat Anda susah tidur… Bermain game puzzle juga akan jadi lebih asik karena akan ada yang membantu Anda memecahkan teka-teki sulit. Game action, racing, shooter, atau game-game lain yang menguras adrenaline pun juga jadi lebih seru saat dimainkan bersama teman Anda.

Bermain game itu merupakan sebuah aktifitas sosial. Dan layaknya aktifitas sosial lainnya, Everything’s Better with Friends.

Sayangnya, kenyataannya, bermain game bersama teman-teman itu memang seringkali banyak kendala. Main di warnet? Berisiknya minta ampun, tak jarang PC-nya pun PC jaman pra-sejarah, belum lagi peripheral gamingnya kadang sudah tak layak pakai jika banyak pemain barbar yang suka banting-banting keyboard atau mouse…

 

Apalagi jika Anda tinggal di Ibukota tercinta, Anda mungkin malas mengarungi lautan mobil dan motor setiap kali ingin bermain dengan teman-teman. Jangan lupa, tidak hanya uang yang harus Anda keluarkan jika ingin pergi ke rumah kawan, namun juga waktu yang mungkin terbuang percuma.

Jadi solusinya?

Software andalan NVIDIA, GeForce Experience, punya fitur baru yang mengijinkan Anda bermain dan berinteraksi dengan teman di dalam game dengan cara baru yang lebih variatif: GameStream Co-op.

Sebelum Anda membaca lebih detil, bagi Anda yang tidak ada masalah dengan kuota internet, Anda mungkin bisa melihat video berikut ini lebih dulu.

1. Play as Me
Fitur yang paling unik dari GameStream Co-Op ini adalah mengijinkan kawan Anda memainkan game Anda di manapun dia berada dengan memanfaatkan koneksi internet, PC berbasis GeForce GTX, dan teknologi GPU Kepler dan Maxwell yang rendah latency dan dilengkapi dengan komponen low-overhead streaming.

Jadi misalnya saja seperti ini, Anda bertemu dengan satu boss di game yang susahnya bukan main dan Anda tahu ada teman Anda yang telah melewati level tersebut. Yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan GeForce Experience di dalam game, pilih opsi “Stream”, kemudian “Play As Me”. Dengan melakukan hal tersebut, teman Anda dapat langsung mengambil alih kontrol game dan melawan boss menyebalkan tadi di game Anda.

Catatan: Anda hanya bisa men-share game full-screen. Mode game borderless window tidak bisa di-share. Pasalnya, NVIDIA ingin melindungi privasi para gamer sehingga client (teman-teman Anda) tidak punya kesempatan untuk mencari tahu isi computer Anda.

2. Watch Me
Fitur menarik kedua, GameStream Co-Op mengijinkan kawan Anda menonton langsung permainan Anda Real Time 1:1. termasuk voice chat, meski memang kawan Anda harus puas melihat Anda bermain di resolusi maksimal 720p.

Batman-arkham-asylum-148

Jadi, jika Anda hanya ingin mendengarkan panduan kawan namun Anda ingin tetap bermain atau memamerkan skill Anda saat melawan satu boss menyebalkan, Anda bisa mengaktifkkan GeForce Experience di game, pilih opsi “Stream, kemudian “Watch Me Play”. Dengan demikian, kawan Anda bisa langsung melihat permain Anda tanpa perlu berada di satu ruangan, di game Singleplayer sekalipun.

Kedua fitur di atas mungkin adalah yang paling istimewa karena keduanya dapat mengubah aspek game Singleplayer yang sepi jadi lebih ramai. Ingat kata pepatah: Everything’s Better with Friends.

3. Stay with Me 


Tentu saja bukan dua fitur baru itu saja yang ditawarkan oleh GameStream Co-Op. Fitur ketiga yang layak dicoba adalah GameStream Co-Op menawarkan opsi bagi Anda dan kawan Anda bermain bersama di game Local Co-Op meski tidak berada di satu tempat yang sama.

Misalnya saja seperti Trine 3 atau Gauntlet mengijinkan Anda bermain game bersama teman di satu layar, dengan kontroler berbeda, misalnya keyboard mouse dan gamepad. Dengan GameStream Co-Op, Anda bisa tetap bermain bersama dengan kawan Anda di rumah masing-masing karena Anda berdua sama-sama sedang malas keluar rumah. Anda hanya perlu memilih opsi “Stream” di GeForce Experience, kemudian “Play Alongside Me”. Baik Anda dan kawan Anda bisa langsung bermain bersama tanpa harus berdebat terlebih dahulu, siapa yang harus keluar kamar.

Fitur ini juga istimewa karena beberapa game multiplayer Local Co-Op seperti ini memang tidak mengijinkan Anda bermain bersama tanpa berada di ruangan yang sama, misalnya seperti Trine 3 dan Street Fighter.

GpLQfRQrVXAR.840x0

Trine 3 merupakan action role-playing platform game dengan elemen puzzle yang dirancangkan untuk dimainkan bersama dengan teman-teman. Di sini, Anda biasanya bermain bertiga dengan dua kawan. Namun satu hari, salah satu kawan Anda sedang tidak bisa meninggalkan rumahnya padahal Anda dan teman yang satunya lagi sudah siap bermain. Dengan fitur GameStream Co-Op ini, Anda tetap bisa bermain bertiga seperti biasanya: Anda berdua bermain di PC yang sama di rumah Anda, sedangkan teman Anda yang tak bisa keluar rumah tadi tetap bisa ikut di rumahnya sendiri dengan memanfaatkan fitur “Play alongside Me”.

Di sisi lainnya, Street Fighter adalah sebuah game yang sangat kompetitif namun sudah tidak ada lagi teman-teman sekampung Anda yang bisa mengalahkan Anda. Karena itulah, Anda merasa jenuh dan ngantuk tiap kali bermain melawan musuh-musuh kelas bulu itu tadi. Jadi, dengan GameStream  Co-Op, sekarang Anda bisa mencari musuh-musuh yang lebih menantang, meski mereka tinggal di lokasi yang jauh dari rumah Anda.

4. Take Me Anywhere
Untuk fitur ke empat ini sedikit berbeda dengan yang lain namun masih tetap menawarkan fleksibilitas lebih untuk bermain game tanpa batas ruang. Jadi, GameStream Co-Op juga mengijinkan Anda untuk bermain di laptop, baik itu berbasis Windows 7 atau OS X (MacBook), dengan menggunakan daya komputasi desktop di rumah Anda, melalui web browser. Yup, Anda bahkan dapat menyetting konfigurasi resolusi Host PC (yang berbasis GeForce GTX) di resolusi berapapun, untuk ditampilkan dan dimainkan di web browser (saat ini hanya mendukung Google Chrome) di resolusi maksimal 720p.

 

Contoh praktisnya seperti apa? Misalnya, jadwal kuliah Anda bolong 2 jam yang berarti terlalu singkat untuk pulang ke rumah tapi juga terlalu panjang untuk menunggu… Nyalakan laptop Anda dan bermain game lah di kantin kampus sembari cuci mata melihat yang ‘segar-segar’ di lingkungan kampus Anda… Nyahahaha.

Contoh lainnya? Misalnya saat liburan Anda sudah bermain seharian (atau malah sehari semalaman, karena ada event double EXP atau double Drop) dan punggung Anda rasanya pegal-pegal bukan main. Anda bisa meninggalkan meja dan PC berkartugrafis GTX Anda, ambil laptop dan duduklah (atau tiduran) di kasur sembari tetap terus melanjutkan permainan.

5. Show Me
Semakin hari, semakin banyak gamer yang membagikan sesi gaming mereka via portal-portal video seperti YouTube atau Twitch. Well, jangan mau ketinggalan juga.

Apalagi, NVIDIA sendiri yang merancang software recording/ streaming ini, GeForce Shadowplay, yang sebelumnya kami bahas di sini. Jadi, Anda bisa tetap men-streaming sesi gaming Anda tanpa perlu khawatir akan penurunan performa yang seringkali terjadi jika Anda menggunakan sebagian besar software-software recording/ streaming lainnya seperti Fraps dkk.

Ada 2 opsi ditawarkan oleh NVIDIA untuk fitur ini:
– Instant Replay alias Auto Recording yaitu sebuah fitur di mana Anda bisa mengatur waktu buffer 1-20 menit dan, ketika Anda mengalami momen istimewa di game, Anda tinggal menekan tombol yang telah ditentukan sehingga 1-20 menit terakhir (waktu buffer tadi) permainan Anda langsung tersimpan jadi sebuah file video. Magic…!
– Manual Recording mungkin memang kedengarannya lebih ‘standar’ ketimbang fitur ajaib Instant Replay di atas. Namun tetap saja, tanpa adanya fitur ini, mungkin ada dari Anda yang merasakan kehilangan karena NVIDIA mengijinkan Anda merekam video sepanjang storage Anda masih muat menampung filenya.

Finale…
Akhirnya, kami tahu game multiplayer itu memang sudah lama sekali populer bahkan sejak sebelum adanya GameStream Co-Op jadi mungkin Anda akan berpikir apa istimewanya fitur ini…

Well, pertama, aspek multiplayer dan singleplayer di sebuah game itu sebelumnya telah ditetapkan oleh sang developer dan tidak dapat diganggu-gugat. Jika Anda suka main Skyrim atau The Witcher 3, ya kemungkinan besar, Anda tidak akan mengajak teman Anda… Namun GameStream Co-Op mengubah aspek ini sehingga memungkinan Anda merasakan atmosfir multiplayer di game singleplayer.

Plus, mungkin pihak NVIDIA memang tidak mengatakan demikian secara langsung, namun kami merasa ada satu paradigma yang ingin mereka tegaskan bahwa bermain game itu seharusnya memang sudah tidak lagi terbatas oleh kotak-kotak ruangan. Dan, seperti yang kami katakan tadi, Everything’s Better with Friends…

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: New CS:GO Roster May 2017

  Moments ago, we have said that we will release our new CS:GO roster, which …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: