Monday , 24 July 2017
Home / News / Choosing the Best Gaming Mouse?
Because Winning is Everything

Choosing the Best Gaming Mouse?

Sebelum Anda membaca lebih jauh, saya ingin meluruskan satu hal terlebih dahulu. Kenyataannya, kita tidak akan bisa menemukan sebuah gaming mouse yang terbaik untuk semua orang. Pasalnya, setiap orang memiliki bentuk dan ukuran tangan yang berbeda-beda, dan skill gaming individu yang berbeda pula. Jadi, yang bisa dilakukan adalah menemukan gaming mouse terbaik untuk masing-masing individu.

BeNWGFdCEAABJuG

1. Inevitable Subjectivity 
Sebenarnya, memilih komponen jeroan PC Anda (seperti mainboard, kartu grafis, procie, RAM, PSU) jauh lebih mudah dilakukan ketimbang memilih gaming peripheral macam mouse, keyboard, dan headset gaming. Karena, komponen memiliki satuan tolak ukur yang bisa dijadikan patokan untuk semua produk di kategori yang sama. Komponen memiliki benchmark yang bisa diukur dengan angka. Jadi, misalnya semakin tinggi angka (misalnya FPS – Frame Per Second) yang bisa Anda dapat — yang kemudian dibagi dengan angka yang harus Anda keluarkan (misalnya harganya) — semakin bagus pula komponen tersebut. Simpel.

Sedangkan gaming equip, mouse misalnya (kita akan bahas peripheral lainnya di kesempatan yang lain), angka benchmark apakah yang bisa dijadikan patokan untuk menilai performa sebuah mouse? Jumlah headshot per jam / menit? Bagaimana jika gamer tersebut tidak suka bermain game FPS? Jumlah kill / last hit? Tidak semua gamer juga suka bermain MOBA.

Belum lagi, skill individu gamer juga sangat menentukan dari performa angka-angka yang saya sebutkan tadi. Misalnya, Richard Permana alias frgd[ibtj] pasti akan bisa mencatat headshot yang jauh lebih banyak dengan mouse termurah / terjelek sekalipun dibanding dengan saya meski menggunakan mouse termahal / terbaik.

ps3_snipergw_45fa43cdd15c4c543b39e92b26d65fba3

Jadi, satu hal yang ingin saya tekankan pertama kali adalah penilaian terhadap sebuah produk gaming equip itu jauh lebih subjektif ketimbang komponen. Kenapa hal ini penting? Karena, hal inilah yang harus Anda ingat pertama kali ketika mencari gaming mouse yang paling cocok untuk Anda.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan saat mencari gaming mouse terbaik itu adalah dengan mencari tahu pendapat orang lain tentang sebuah produk mouse, entah itu media, tetangga, rekan satu tim, ataupun netizen di forum-forum.

Misalnya, ada sebuah media yang mengatakan mouse gaming A sangat baik performanya, Anda harus cari tahu apakah media tersebut menyebutkan ukuran tangan sang reviewer? Atau misalnya, Anda membaca review mouse tersebut dari media US atau UK, berarti Anda harus mengasumsikan ukuran tangan mereka jauh lebih besar ketimbang ukuran tangan kita, pada umumnya.

Contoh lain, misalnya kawan Anda menyarankan sebuah mouse gaming, Anda mungkin bisa melihat dulu seperti apa dia bermain, game-game apakah yang selalu dia mainkan karena jika kawan Anda lebih suka bermain RPG dan Anda lebih suka FPS, kemungkinan besar, preferensi gaming mouse Anda berdua akan sedikit berbeda.

2. Size Matters
Seperti yang saya tuliskan tadi, ukuran tangan kita (dan juga ukuran sebuah mouse) akan sangat menentukan kenyamanan Anda menggunakannya. Karena, semakin nyaman Anda menggunakan mouse, semakin cepat pula Anda membiasakan diri bermanuver dengan mouse tersebut.

Memilih mouse gaming itu sangat jauh berbeda ketimbang memilih mouse untuk kebutuhan PC standar atau multimedia. Akibat paling fatal dari ketidaknyamanan Anda menggunakan mouse saat browsing mungkin hanyalah salah klik link. Sedangkan di game, ketidaknyamanan Anda bisa jadi masalah hidup dan mati.

1282138650495970011hand_mouse

Ditambah lagi, kemungkinan besar, Anda bermain game itu tidak hanya berdurasi 30 menit. Jika Anda tidak nyaman, performa Anda akan menurun dengan cepat seiring waktu. Tentunya, Anda tidak mau hanya memenangkan satu pertandingan lalu tidur bukan? Atau hanya memenangkan satu pertandingan, kemudian kalah di 4 pertandingan selanjutnya berturut-turut.

Andaikan saja seperti ini, gaming equip itu sama seperti sepatu bola. Anda tidak ingin menggunakan sepatu bola yang ukurannya kekecilan ataupun kebesaran karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada performa Anda.

So? Bagaimana caranya menentukan ukuran yang tepat? Beberapa situs resmi dari produsen gaming mouse menyertakan dimensi atau ukuran setiap produknya. Dari sana, Anda bisa bandingkan dengan ukuran tangan Anda. Atau cara yang lebih ideal, sama seperti ketika Anda ingin membeli sepatu bola, dicoba terlebih dahulu.

Cara mencobanya bagaimana? Well, ada banyak cara sebenarnya. Misalnya ke sebuah warnet yang Anda tahu menggunakan mouse yang ingin Anda coba, pinjam atau pergi ke rumah teman Anda yang Anda tahu punya gaming mouse yang menarik, ataupun datang ke sebuah toko dan bilang bahwa Anda ingin pegang mouse A atau B sebelum membelinya.

Sayangnya, memang tidak semua toko penjual gaming mouse seperti toko penjual sepatu bola yang mengijinkan Anda mencoba produknya terlebih dahulu. Namun saya kira Anda bisa lebih kreatif lagi untuk mencari cara-cara baru lainnya.

ss

 

Satu tips yang bisa Anda catat bagi yang malas mencari cara mencoba gaming mouse, cari gaming mouse dengan bentuk yang lebih ‘normal’, misalnya seperti SteelSeries Rival, Sensei, ataupun Kinzu yang tidak terlalu banyak meliuk-liuk bagai penari perut.

Bentuk mouse dengan lebih banyak lekukkan dan meliuk-liuk itu memang unik dan lucu namun lebih besar kemungkinannya ukuran dan bentuknya kurang cocok di tangan Anda — kecuali jika Anda sudah berhasil mencoba salah satu sample produknya dan Anda merasa cocok dengannya. Sedangkan mouse dengan bentuk lebih ‘normal’, berarti lebih besar kemungkinannya tidak akan menyulitkan jari-jari dan telapak tangan Anda.

3. Featured Point
Selain bentuk dan ukuran, fitur dari gaming mouse juga penting untuk diperhatikan. Fitur dari sebuah gaming mouse itu apa saja? Misalnya, jumlah tombol yang disediakan di sebuah gaming mouse, DPI / CPI tertinggi, lapisan mouse, wireless atau wired, atau banyak lagi yang lainnya.

Namun, untungnya, menentukan fitur-fitur yang lebih cocok untuk masing-masing individu jauh lebih mudah sebenarnya ketimbang soal bentuk dan ukuran itu tadi. Pasalnya, Anda bisa langsung membuka website resmi masing-masing produsen dan membaca lengkap fitur-fitur yang ditawarkan tiap-tiap produk.

Anda bisa bandingkan daftar fitur dari tiap-tiap produk tersebut dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda suka sekali bermain RPG, mungkin Anda ingin mencari gaming mouse dengan fungsi makro paling baik dan juga dengan lebih banyak tombol. Anda suka bermain FPS? Berarti Anda harus mencari yang fokus terhadap sensornya ketimbang jumlah tombolnya.

rivalzoomin2

Kali ini kita akan mengambil contoh dari SteelSeries Rival, yang memang kebetulan gaming mouse favorit dari frgd[ibtj]. Anda bisa cek sendiri ke website resmi SteelSeries, fitur pertama yang mereka presentasikan adalah “Deadly Precision”. Dan patokannya, fitur yang di-highlight pertama kali dari sebuah produk adalah yang fitur yang dipertaruhkan atau yang dibanggakan. So, hal ini berarti memang sangat cocok bagi Richard Permana yang memang berkompetisi di game FPS, yang menaruh presisi di atas segalanya. Genre game lain yang menitikberatkan pada presisi dan akurasi? MOBA. Percayalah, Anda tidak mau salah klik di MOBA.

Kedua, Anda juga mungkin ingin memperhatikan bahan dari lapisan yang digunakan dari sebuah mouse misalnya seperti Rival yang menawarkan dua finishing, matte dan glossy. Bagi Anda yang sering berkeringat, Anda mungkin ingin memilih bahan matte dengan anti-sweat-nya. Sedangkan bagi Anda yang tidak bermasalah dengan keringat, Anda mungkin bisa memilih yang lapisan glossy yang lebih mudah dibersihkan. Plus, Rival juga menggunakan rubber grip bagian samping mouse sehingga pegangan Anda lebih kencang dan tidak licin.

rival300_leadin_proof3_l

 

Satu hal yang mungkin juga tak kalah penting adalah kustomisasi. Mungkin ada dari Anda yang tidak terlalu mementingkan hal ini namun tidak ada salahnya juga fitur ini disediakan. Rival misalnya, menyediakan kustomisasi menyeluruh yang lengkap dengan SteelSeries Engine 3 (software SteelSeries) untuk mengganti settingan CPI sampai dengan setting LED di mouse Anda. Oh, bahkan bagi Anda yang suka bermain dengan 3D printer, Anda bisa mencetak sendiri name-plate Anda untuk SteelSeries Rival.

Conclusion
Mungkin memang analogi paling mudah dalam menentukan gaming mouse paling cocok untuk Anda adalah dengan sepatu bola yang tadi sempat saya sebut. Toh, kompetisi gaming profesional itu memang disebut e-sport. Jadi gaming equip memang setara dianalogikan sebagai sport equipments.

Karena itu, seperti ketika Anda ingin membeli sepatu bola, Anda harus pastikan dulu kebutuhan dan selera Anda sehingga bisa lebih mudah menentukan pilihan. Sepatu bola pun punya banyak macamnya seperti tipe-tipe sol sepatunya, soft ground, hard ground dkk. Pasalnya, setiap fitur dan fungsi mouse gaming itu mungkin memang maksimal untuk satu kebutuhan namun, bisa jadi, kurang optimal untuk yang lainnya.

Dan, idealnya, Anda harus mencoba mouse gaming yang diinginkan sebelum membeli. Jangan sampai kebesaran ataupun kekecilan, or at least manakah yang paling nyaman di genggaman tangan Anda.

So, selamat berburu tetikus! ^,^

 

box

 

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: New CS:GO Roster May 2017

  Moments ago, we have said that we will release our new CS:GO roster, which …

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: