Monday , 24 July 2017
Home / News / 7 Reasons to Buy NVIDIA GeForce GTX
Because Winning is Everything

7 Reasons to Buy NVIDIA GeForce GTX

Mungkin ada banyak dari Anda yang bertanya-tanya, apakah sebenarnya kehebatan dari NVIDIA GeForce GTX. Karena itulah, kami menuliskan untuk Anda 7 Alasan Mengapa GeForce GTX Layak Dibeli…

1. NVIDIA MAXWELL

NVIDIA Maxwell merupakan mikro-arsitektur GPU terbaru dari NVIDIA. Keistimewaan Maxwell dibanding rivalnya ataupun generasi pendahulunya adalah ia dapat menawarkan Performa per Watt yang sangat impresif.

Hasilnya, Anda bisa mendapatkan performa sampai dengan 2x lipat lebih tinggi dengan ½ daya yang dibutuhkan.

nvidia-maxwell

Bagi Anda yang belum pernah merasakan rasanya membayar tagihan listrik bulanan mungkin tidak akan bisa merasakan dilema menggunakan kartu grafis kencang. Karena, tanpa Maxwell, Anda hanya akan dihadapkan pada 2 pilihan: framerate mulus atau menghemat fulus.

Dibanding dengan rivalnya, kartu grafis NVIDIA dapat memberikan performa yang setara dengan konsumsi daya setengahnya. Misalnya saja, GTX 950 hanya membutuhkan daya sebesar 90W, sedangkan di kubu sebelah, Anda akan membutuhkan 170W untuk performa yang setara.

Plus, keistimewaan Maxwell tidak berhenti sampai di Performa per Watt-nya semata.

nvidia-maxwell-smm-vs-smx-slide

Maxwell merupakan GPU pertama yang memiliki kemampuan rendering VXGI (Voxel Global Illumination).

Jika Anda merupakan gamer-gamer yang sangat peduli dengan imersifitas dan atmosfir permainan, Anda pasti tahu betapa signifikannya efek pencahayaan di dalam game.

reshade

Anda yang gemar bermain settingan grafis game pasti tahu betapa besarnya efek pencahayaan seperti Bloom, Ambient Occlussion, Lens Flare, Dynamic Shadows, dan kawan-kawannya. Namun di sisi lain, Anda juga pasti tahu betapa beratnya efek-efek grafis fantastis tadi.

VXGI mengijinkan Anda menggunakan kalkulasi pencahayaan yang jauh lebih realistis sehingga membuat imersifitas dan atmosfir permainan jadi semakin fantastis.

mfaa

Seri GeForce GTX 900 memberikan sebuah teknologi anti-aliasing baru bernama MFAA (Multi-Frame Sampled Anti-aliasing).

Jika Anda sudah bertahun-tahun merasakan nikmatnya PC gaming, Anda pasti sudah tidak bisa bermain game tanpa fitur anti-aliasing karena anti-aliasing menghilangkan jaggies dan membuat tampilan grafis jadi semakin manis. Sayangnya, memang, anti-aliasing juga merupakan kalkulasi yang berat yang membebani GPU.

Dengan MFAA, Anda bisa tetap bisa menikmati grafis super mulus di resolusi besar tanpa kompromi terhadap framerate Anda.

DSR

DSR (Dynamic Super Resolution) membuat 4K gaming jadi lebih terjangkau.

Jika Anda tahu betapa mahalnya monitor 4K dan Anda ciut nyali untuk membeli, Anda sama seperti kami.

Jujur saja, jika anggaran kami terbatas, kami lebih baik menghabiskan US$500 untuk sebuah kartu grafis bukan monitor.

Namun NVIDIA memberikan fitur DSR untuk mengijinkan Anda bermain game di resolusi yang lebih besar dari resolusi monitor Anda. Jadi, misalnya, Anda bisa bermain game di resolusi 4K dengan monitor 1080p. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat banyak biaya yang tadinya harus dikeluarkan untuk membeli monitor 4K.

4.-COD-BO-3

2. GAME READY DRIVERS

Bagi kami, salah satu pembeda yang paling signifikan antara NVIDIA dengan rivalnya adalah di aspek Driver-nya.

Anggap saja seperti ini, kartu grafis itu dapat diibaratkan sebagai mobil balap. Sedangkan Driver-nya adalah, well, pembalap atau supirnya. Jadi, sekencang apapun mobil yang Anda kendarai, Anda tidak akan bisa meraih performa tertinggi jika tidak memiliki keahlian berkendara yang maksimal.

Belum lagi, jika benchmark dapat dikatakan sebagai sebuah lintasan balap yang bebas hambatan dengan aspal mulus, game yang hampir sudah pasti memiliki bug dan ciri khas masing-masing merupakan jalan raya yang penuh hambatan dan aspal berlubang.

Karena itu kehandalan sang pembalap dalam mengendarai mobil balapnya semakin tambah krusial perannya.

Driver NVIDIA mampu menawarkan performa optimal karena telah dilengkapi dengan segudang intruksi yang membuat kartu grafis jauh lebih mudah melakukan kalkulasi grafis.

hairworks

3. NVIDIA GAMEWORKS™ TECHNOLOGY

NVIDIA GameWorks sendiri sebenarnya terdiri dari sejumlah bagian SDK (Software Development Kit), yang diperuntukkan bagi para developer, yang terdiri dari banyak komponen untuk memberikan visualisasi grafis yang lebih bombastis bagi para gamer.

Sayangnya, karena begitu banyaknya fitur GameWorks, menuliskan semuanya dalam satu artikel itu mustahil. Anda bisa membaca lebih jauh tentang efek GameWorks yang lebih kongkrit pada The Witcher 3 di artikel yang pernah kami tuliskan beberapa waktu yang lalu.

Namun, singkatnya, GameWorks terdiri dari segudang efek dan kalkulasi visual yang membuat game jadi jauh lebih realistis.

borderlands-2-physx-image2

Misalnya saja, HairWorks akan membuat visualisasi rambut di dalam game jadi lebih luwes dan riil, Destruction akan membuat efek-efek destruksi menjadi jauh lebih heboh, HBAO+ yang menawarkan cara kalkulasi baru untuk Ambient Occlussion, PhysX yang membuat segalanya jadi lebih indah, dan lain sebagainya.

Anda bisa membaca tentang fitur-fitur GameWorks di situs resmi NVIDIA untuk lebih detilnya. Plus, kata-kata juga mungkin tidak akan pernah cukup dalam menggambarkan GameWorks di kepala Anda. Jadi, Anda juga bisa melihat video di bawah ini untuk lebih jelasnya.

4. GEFORCE® EXPERIENCE®

Salah satu keunggulan PC dibanding konsol adalah dalam hal fleksibilitas, termasuk dalam aspek setting grafis. Namun demikian, tak jarang settingan grafis yang terlalu kompleks justru menjadi bumerang – khususnya bagi mereka yang kurang memahami fitur-fitur grafis di PC seperti Anti-Aliasing, Bloom, Anistrophic Filtering, V-Sync, dan kawan-kawannya.

Well, Anda memang bisa saja meluangkan waktu untuk belajar memahami fitur-fitur tadi namun hal itu bisa jadi akan banyak memakan waktu luang Anda. Kecuali Anda memang suka cari tahu teknologi-teknologi grafis terbaru, Anda akan membuang waktu luang yang seharusnya bisa digunakan untuk bermain game.

geforce-experience

Karena itulah GeForce® Experience® hadir. Software ekslusif NVIDIA ini disediakan bagi mereka yang awam dengan setting grafis agar bisa mendapatkan setting optimal hanya dengan sekali sentuhan.

Jadi, Anda bisa langsung bermain game tanpa harus berpusing-pusing mempelajari hal-hal teknis.

gsync-hero

5. NVIDIA G-SYNC™ TECHNOLOGY

V-Sync merupakan salah satu dilema klasik di PC gaming. Tanpa V-Sync, Anda akan mendapatkan Screen Tearing yang sangat mengganggu. Namun dengan V-Sync, Anda harus mengorbankan sejumlah framerate.

Karena itulah, NVIDIA menawarkan solusi yang lebih elegan dengan G-Sync™. G-Sync merupakan penyempurnaan dari V-Sync yang dapat menghilangkan permasalahan Screen Tearing tanpa terlalu banyak membebani GPU Anda sehingga tidak ada penurunan framerate yang drastis seperti menggunakan V-Sync.

Screen-Shot-2013-12-12-at-7.07

Anda bisa membaca lebih detil mengenai G-Sync di artikel kami, The Division: Enter the Dark Zone, atau membaca penjelasan dari NVIDIA untuk informasi lebih lanjut.

Namun yang pasti, dengan G-Sync, Anda tidak perlu lagi berkutat dengan dilema antara framerate atau screen tearing.

Satu hal yang perlu dicatat, karena G-Sync berkaitan erat dengan layar monitor Anda, Anda membutuhkan monitor dengan modul G-Sync di dalamnya. Anda bisa melihat daftar berikut untuk monitor dan laptop apa saja yang telah dilengkapi dengan modul G-Sync.

the-division-8

6. NVIDIA BATTERYBOOST™ TECHNOLOGY

Jika V-Sync adalah masalah klasik dengan monitor Anda, perangkat mobile juga memiliki permasalahan klasik yang bisa jadi lebih krusial: suplai daya vs performa.

Suplai daya selalu menjadi masalah utama bagi perangkat mobile, baik itu smartphone ataupun laptop. Pasalnya, semakin kencang sebuah perangkat, semakin boros pulalah daya yang dibutuhkannya. Tentu saja, hal ini jadi hal yang penting bagi sebuah perangkat gaming karena bagi kami bermain game itu bukan hanya 1-2 jam, atau malah ½ jam…

Mungkin kita harus masih menunggu lama sebelum masalah ini diselesaikan di platform smartphone namun di laptop, jika Anda menggunakan laptop dengan GPU NVIDIA GeForce di dalamnya, Anda bisa menemukan sebuah solusi yang bisa Anda coba.

battery-boost

NVIDIA BatteryBoost™ merupakan solusi alternatif bagi Anda yang ingin bermain game dalam durasi cukup lama di mesin gaming portable Anda.

BatteryBoost adalah mode ultra efficient yang akan memperpanjang daya tahan baterai Anda, sembari memberikan performa gaming 30 fps lebih. Mode ini akan aktif secara otomatis ketika Anda menjalankan game saat laptop tidak terhubung ke colokan listrik.

Hal ini bisa terjadi karena NVIDIA memanfaatkan BatteryBoost untuk memberikan efisiensi dan regulasi daya yang akurat. Dengan demikian, GPU GeForce hanya akan mendapatkan suplai daya yang pas – tidak kurang, tidak lebih – untuk menjalankan game dengan mulus.

Jika game Anda berpindah tempat atau kondisi ke yang lebih kompleks secara visual, BatteryBoost akan secara otomatis menyesuaikan suplai dayanya kembali. Dengan demikian, Anda tidak akan mendapatkan lag ataupun stuttering.

vrlock

7. VIRTUAL REALITY

Virtual Reality mungkin akan menjadi tonggak baru dalam next-gen gaming. Sejumlah perusahaan besar ramai-ramai mengembangkan perangkat ataupun ekosistem pendukung VR. Sayangnya, VR mungkin memang masih belum realistis bagi sebagian besar pengguna untuk saat ini karena banderol harga Head Mounted Device (HMD) nya yang masih terlalu tinggi untuk banyak orang.

Namun demikian, tidak ada salahnya Anda memilih sebuah kartu grafis ataupun laptop dengan GPU yang telah dioptimalkan untuk Virtual Reality. Jadi, nanti ketika harga HMD turun atau tabungan Anda mencukupi, Anda bisa langsung mencicipi realitas virtual yang dahsyat ala NVIDIA.

 

Top Up Your Wallet From INDOMOG

Check Also

Official Communication: New CS:GO Roster May 2017

  Moments ago, we have said that we will release our new CS:GO roster, which …

Official Gaming Notebook:

Official Gaming Peripheral:

Official Online Payment:

Official Gaming Monitor:

Official Gaming Video Card:

Official Gaming Router:

Official PC Gaming Case:

Official Grooming Partner:

Official Gaming Chair:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Media Partner:

Official Retailer Partner: