was successfully added to your cart.
NXL Esports Agency

MELALUI NEA, ILLUSIONIST SEKALIGUS ESCAPELOGIST, CHIKA PRINCISKA PUNYA MIMPI MEMADUKAN MAGIC DENGAN GAMING

By 17 November 2020 No Comments

 

“Magic bisa memberikan mimpi ke orang-orang, magic bisa kasih harapan kalau yang kamu bilang ga mungkin itu sebenernya mungkin, dan aku mau kasih harapan itu ke orang lain” – Chika Princiska

The Breeze, NXL Esports Agency – NXL Esports Agency kali ini kembali menggaet seorang influencer bertalenta. Ia adalah Chika Princiska, seorang illusionist sekaligus escapologist dan mantan grand finalis The Great Magician. Ia resmi bergabung menjadi bagian NEA sejak pertengahan bulan Oktober lalu. Kecintaanya pada dunia magic dan esports membuatnya terdorong melahirkan suatu angin segar dalam dunia esports, sesuatu yang baru, yang selama ini masih jarang ditemukan di dunia per-gaming-an.

Chika Princiska mengaku sudah lama mengikuti jejak NXL dan mengidolakan sosok Richard Permana, ia bahkan pernah datang ke launching NXL Esports Center beberapa tahun lalu. Menurutnya NXL memiliki eksistensi yang cukup kuat untuk bertahan di tengah persaingan sengit di dunia esports hingga saat ini dan layak menjadi panutan bagi tim-tim lainnya.

Seperti yang diketahui bahwa NXL Esports Agency kini tengah mencari talent-talent berbakat yang tidak hanya gemar bermain game namun di balik itu mereka juga memiliki talenta-talenta lain yang bisa dikombinasikan di dunia game. Dan Chika lah salah satu talent berbakat itu, di samping kecintaanya terhadap game online, ia juga merupakan seorang illusionist berbakat yang akan memberikan angin baru di dunia esports.

Chika merupakan salah satu grand finalis dari The Great Magician tahun 2019 lalu, sebuah ajang yang diselenggarakan oleh GTV yang diperuntukkan bagi para magicians Indonesia untuk adu kemampuan. Dalam ajang tersebut, Chika berhasil masuk dalam 5 besar.

Satu hal yang membuatnya jatuh cinta dengan magic, karena melalui magic ia bisa memberikan harapan kepada orang lain bahwa sesuatu yang menurut mereka tidak mungkin terjadi, ternyata sangat mungkin terjadi jika kita mau berusaha atasnya. Chika yang memang sudah menyukai dunia panggung sejak kecil, mengaku merasa takjub saat ia pertama kali melihat magic. Magic memberinya motivasi bahwa segala sesuatu itu sangat mungkin terjadi. Ia memiliki visi untuk menunjukkan permainan sulapnya kepada orang banyak, agar mereka juga bisa merasakan apa yang ia rasakan saat pertama kali melihat magic.

“Magician bisa memberikan mimpi ke orang-orang, jadi gini ada pepatah yang ngomong ‘gaada sesuatu yang ga mungkin’ tapi kalau gaada realisasinya maksudnya kalau ga ada usahanya itu engga akan kewujud juga, jadi magic itu ngasih harapan ke orang yang berpikir ‘ah ini ga mungkin, ah itu ga mungkin’, nah magic itu bisa ngasih harapan kalau yang kamu bilang ga mungkin itu sebenernya mungkin loh, tapi lu harus punya usahanya gitu”, jelasnya.

Chika sendiri sudah berkecimpug di dunia magic sejak 4 hingga 5 tahun yang lalu. Pada mulanya, ia lebih mendalami permainan illusi, namun saat ini ia lebih sering memainkan escape magic atau permainan yang beresiko terhadap nyawa. Dalam memainkan escape magic ia dituntut untuk dapat meminimalisir resiko bahaya yang mungkin terjadi.

“Kaya aku pernah kan aku dikurung di aquarium, itu aku bener-bener latihan napas, kita yang tadinya gabisa berenang  harus dikurung di satu ruangan sempit dan di situ kita harus bisa escape di situ, jadinya itu ga semata-mata ga ada resikonya, resikonya itu ga main-main dan resikonya itu nyawa, jadi bener-bener harus latihan terus, kita belajar nih kita butuh waktu kurang dari berapa menit untuk bisa escape dari akuarium yang isinya air, gimana cara tahan napas yang baik, gimana cara mengelola napas, kita bener-bener latihan untuk meminimalisir resikonya”, ujarnya.

 

Chika Princiska melakukan aksi escape magic di dalam akuarium penuh air di ajang The Great Magician GTV.

Di samping berbakat dalam dunia magic, wanita kelahiran 29 Oktober 1993 ini, juga sudah gemar bermain game sejak jaman Nintendo PS1 yakni ketika ia duduk di bangku sekolah dasar. Chika dulunya juga merupakan anak warnet. Namun ia baru punya kesempatan untuk bergabung dengan tim esports sekarang ini bersama dengan NXL.

“Selama ini tuh baru sering ikut-ikut fun match kayak dari PUBG Mobile, cuman sebatas influencer gaming aja”, jawabnya.

Selain seorang gamer dan magician, Chika nyatanya juga memiliki banyak pengalaman dalam bidang-bidang lain di antaranya ia juga merupakan seorang content creator, social media specialist dan pernah bekerja sebagai banker selama 5 tahun. Minatnya pada dunia entertain membuatnya memberanikan diri untuk meninggalkan pekerjaannya sebagai banker dan berkarya sebagai magicians, influencer dan kini di bidang esports.

“Awalnya orang tua sih yang ga setuju karena aku punya cici, aku punya dedek semuanya di bank jadi kok anaknya nih yang kedua kenapa beda sendiri ya, di bank ternyata ga betah, betahnya ternyata di dunia entertain di dunia esports gitu”, jelasnya.

Walaupun demikian, Chika pada akhirnya bisa membuktikan kepada keluarganya bahwa hobinya bermain game dan magic juga nyatanya bisa menghasilkan, hingga kemudian ia bisa mendapat dukungan dari kedua orang tuanya hingga sekarang, “lambat laun aku sempet dapet kerjaan live streaming juga, ternyata aku bisa proving kalau aku bisa jalanin loh, aku bisa kasih kepastian ini tuh ga hanya kerjaan kantoran yang bisa menghasilkan, ternyata dengan aku ngejalanin hobi main game, ngejalanin hobi main magic ternyata aku juga bisa menghasilkan loh dan akhirnya keluarga aku pun bisa ngasih kepercayaan ke aku sampai sekarang”.

Setelah resmi bergabung dengan NXL Esports Agency sendiri, ia memiliki keinginan untuk mengkombinasikan magic dan game. Menurutnya hal ini merupakan hal baru yang bisa menjadi terobosan di dunia esports.

Kedepannya ia juga berharap dengan adanya NXL Esports Agency akan semakin banyak memberikan kesempatan kepada orang-orang di luar sana yang juga memiliki hobi game untuk bisa berkarya di bidang esports. Dengan mengkombinasikan hobi mereka bermain game dengan talenta-talenta mereka, hal tersebut dinilai Chika dapat memberikan field yang jauh lebih luas untuk teman-teman di luar esports.

“Aku ya pengennya dunia game itu ga sebatas dari atlet-atlet esports aja tapi melalui adanya agency dari NXL sih aku berharap temen-temen lain juga suka gaming juga bisa masuk, kayak misalnya aku nih mikir kenapa magic itu ga bisa ditarik dan dicombine dengan game gitu, jadi esports bisa punya field yang lebih luas sih yang lebih luas, jadi dengan adanya agency dari NXL ini sih aku berharap banyak, memang change terlihat ada dari NXL sendiri”, ujarnya.

Saat ini ia dibantu dengan NXL sudah membuat beberapa planning untuk konten-konten ke depannya namun hal tersebut masih belum dapat dipublikasikan secara terbuka.

“Ya hopefully bisa diwujudkan dibantu dengan tim NXL. Sebenernya uda ada planning untuk konten aku sendiri sih cuman realisasinya belum terwujud aja, semoga nanti bisa terwujud ke depannya. kalau sekarang aku masih dikomando juga ya, cuman emang masih belum di open public dulu”, jelasnya.

Untuk sekarang ia tengah sibuk untuk melatih skill magicnya untuk project-project yang akan datang ke depannya dan tampil dalam beberapa event off air.

Selain itu Chika juga pernah mendapat peringkat ke 22 dari Deep Social pada Agustus 2018, sebagai influencer yang paling berpengaruh dalam bidang gaming di Indonesia.

Menurutnya ia sendiri memiliki keunikan yang jarang dimiliki oleh influencer lainnya, yang pertama tentunya karena talentanya di dunia magic, di mana masih jarang orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan magic. Kedua, karena ia merupakan orang yang sangat suka belajar hal-hal baru. Melalui NXL Esports Agency, ia mau sekaligus memperkenalkan magic ke bidang esports.

“Aku mau ngulik, aku mau belajar, aku mau terjun bener-bener ke dalam bidang itu jadi ya aku merasa kenapa engga, ini (esports) kan juga salah satu field baru buat aku, karena aku baru bisa bener-bener terjun di tim itu bareng NXL, karena magic pun ga semua orang tau, cuman beberapa pihak doang yang suka jadi kenapa ga sekalian aku perkenalin aja ke bidang esports kerena masih bener-bener belum ada, jadi why not jadi pelopor di bidang esports di bagian magicnya”, ujarnya.

Bahkan sebelumnya ia sudah pernah mencoba mengkombinasikan magic dengan cosplay dalam penampilannya di The Great Magician. Saat itu ia pernah tampil sebagai Asuna hingga Claire Redfield dari game Resident Evil.

Chika Princiska tengah beraksi di The Great Magician GTV

“Sebenernya udah terealisasi di The Great Magician, cuman cosplaynya itu lebih ke arah-arah cosplay yang simple, karena balik lagi magic itu kan kita main sama property kan jadi kita gabisa pake costume yang terlalu wow. Jadi cosplay sama magic udah ada, nah sekarang tinggal magic sama gaming”, jelas Chika.

Kedepannya dengan bergabung bersama NXL Esports Agency, ia memiliki tujuan untuk bisa lebih memperkenalkan magic di dunia gaming serta bisa berkembang bersama dan saling support dengan NXL.

“Yang jelas aku mau growing up bareng NXL sih itu yang lebih tepatnya. Mungkin kalau sampingannya aku bisa ngenalin magic juga di dunia gaming, kalau untuk spesifiknya aku bisa growing together lah sama NXL, aku pengen bener-bener bisa bawa NXL naik juga, bisa support aku juga”.

 

 

(NXL).

Amanda Puspa

Author Amanda Puspa

More posts by Amanda Puspa

Leave a Reply