was successfully added to your cart.
EsportsInterviewPES

KERJASAMA TIM JADI MODAL MENANG TIM PES NXL, WIDI : “MEREKA SELALU KASIH SUPPORT YANG LUAR BIASA SAAT TURNAMEN MAUPUN DI LUAR TURNAMEN”

By 9 November 2019 No Comments

Pada bulan Oktober 2019 kemarin, tim PES NXL baru saja mendapat gelar juara 1 dalam turnamen E-Football PES 2020 yang digelar di kota Malang. Menurut Setia Widianto, selaku kapten dalam tim PES NXL, turnamen tersebut cukup sulit dikarenakan lawan main berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan masing-masing dari mereka memiliki gaya bermain yang berbeda-beda.

“Untuk kesulitan sih mungkin harus bisa menyesuaikan gaya permainan mereka, karena tiap orangnya punya gaya bermain sendiri”, katanya.

Jun, player asal Bali, merupakan pesaing terkuat menurut Widi dalam kompetisi tersebut. Widi sendiri mengakui bahwa ia sempat merasa kesulitan pada saat bertahan melawan player asal Bali itu.

“Untuk di turnamen kemarin sih pesaing terkuat, pemain yang bertemu di final, yaitu Jun, player yang berasal dari Bali. Soalnya penguasaan teknik dribble bolanya sangat bagus dan long passnya selalu pas, jadi agak kesulitan pas bertahan melawan dia”, tuturnya.

Namun bukan tim NXL namanya jika tidak mampu me-siasati kesulitan tersebut. Widi berpendapat bahwa kunci keberhasilan seorang atlet E-Sports PES, harus mampu mengimbangi permainan lawan sebaik mungkin dan juga yang terpenting adalah menjaga agar mental tetap tenang dalam terutama dalam situasi-situasi krisis. Kedua hal ini lah yang ia terapkan sepanjang turnamen tersebut.

Terbukti, tim PES NXL berhasil keluar sebagai juara 1 melawan sekian banyaknya pemain-pemain lain dari berbagai daerah di Indonesia.

Tidak berhenti pada gelar ‘Juara 1 Turnamen E-Football PES 2020’, dan tetap diberi kemudahan untuk terus mendapat kemenangan dalam turnamen apapun yang akan mereka hadapi merupakan harapan Widi. Ia berharap agar tim PES NXL selalu bisa memberikan peforma yang maksimal dan tidak mengecewakan.

Ada satu lagi harapnya di tahun ini.

“Semoga tahun ini mampu mewakili Indonesia kembali di ajang Internasional”, ujarnya.

dan harapannya itu terkabul.

Weekend ini, tepatnya tanggal 11-12 November 2019, mereka akan kembali bertanding mewakili NXL dan Indonesia dalam turnamen PES internasional yang digelar di Malaysia.

Untuk mendapat gelar juara dalam setiap kompetisi, tim PES NXL akan berlatih setiap hari dan akan menyiapkan berbagai formasi. Namun hal tersebut saja tidak cukup. Menurut Widi, modal besar dalam memenangkan sebuah pertandingan antara lain ciri khas gaya permainan yang dimiliki oleh masing-masing player serta kerja sama tim yang luar biasa.

Dan kedua modal ini, merupakan keunggulan yang dimiliki oleh tim PES NXL.

“Kalo menurut saya keunggulan atlet PES dari NXL yaitu kerjasama tim yang luar biasa karena saat turnamen kita selalu saling support satu sama lain sudah seperti keluarga sendiri dan kita bertiga punya gaya permainan yang ber-ciri khas, jadi itu modal besar dalam memenangkan pertandingan”, terangnya.

Termasuk saling me-support saat kekhawatiran datang melanda mereka menjelang turnamen.

“Mereka (tim) selalu kasih support yang luar biasa saat turnamen maupun di luar turnamen”, jelasnya. Bagi Widi, teman-teman se-timnya merupakan salah satu motivasinya dalam memenangkan sebuah turnamen.

Menjadi atlet E-Sports PES profesional bukan berarti lepas dari kekhawatiran. Kekhawatiran akan selalu ada. Seperti yang dirasakan Widi, ia mengaku perasaan khawatir selalu datang setiap ia akan menjalani sebuah turnamen.

“Takut memberikan performa buruk”, tutur Widi.

Ia takut akan memberikan performa buruk dalam permainannya. Namun ia selalu punya cara untuk mengurangi rasa kekhawatiran tersebut yakni dengan membentuk rasa optimis dalam diri dan lebih menikmati moment tersebut.

“Atasi dengan rasa optimis dan bawa enjoy aja karena kalau terlalu khawatir dan tegang yang ada malah suka hancur main kita”, jelasnya.

 

 

 

 

(NXL/AMANDA PN).

Amanda Puspa

Author Amanda Puspa

More posts by Amanda Puspa

Leave a Reply