was successfully added to your cart.
HearthstoneInterview

Joth703, Pemain Asia Tenggara Pertama yang Berhasil Menduduki Top 1 Dunia Ladder Hearthstone!

By 1 November 2019 No Comments

Tangerang- Joth703 berhasil finish di ranking 1 Ladder Hearthstone, server Amerika, musim Oktober 2019. Pencapaian ini menghantarkannya menuju turnamen Hearthstone Masters Tour yang akan diadakan di Arlington pada awal tahun 2020 nanti. Dengan ini Joth703 merupakan orang Asia Tenggara pertama yang berhasil finish di ranking 1 dunia.

Dilihat dalam Playhearthstone.com, salah atau atlet Hearthstone kebanggaan Indonesia, Hendy Handisurya berhasil menjadi top 1 dunia Ladder Hearthstone, musim Oktober ini.

“Kebanggan tersendiri, apalagi sampai sekarang, aku orang Asia Tenggara pertama yang pernah finish di ranking 1 dunia. Aku engga tau klo di Asia gimana, aku ga pernah ngecek sih. Tapi punya kebanggan tersendiri lah, suatu achievement tersendiri bisa finish di top satu”, jelasnya.

Menurut Hendy atau biasa dikenal dengan nickname Joth703 ini, pantang menyerah, selalu mencoba dan terus berlatih adalah kunci dari pencapaiannya ini. Peraih medali perak Asian Games 2018 ini, tidak pernah puas dan selalu bertindak sebagai sebagai seorang penantang adalah salah satu caranya menjaga konsistensi permainan selama ini.

“Jangan pernah merasa udah di atas lah. Aku ga pernah ngerasa sebagai seorang juara. Aku selalu ngerasa aku seorang penantang”, katanya.

Hendy mengaku bahwa ladder ini merupakan bagian dari latihan dalam rangka mempersiapkan turnamen selanjutnya yakni Sea Games yang akan diadakan pada November 2019 mendatang. Termotivasi untuk menyumbangkan gelar dunia bagi team NXL, membuatnya terus berlatih dengan gigih, kegigihannya tersebut terlihat dari pencapainnya sebagai pemain Hearthstone nomer 1 di dunia bulan ini.

“Motivasinya belum kasih gelar juara dunia buat team NXL, kemarin uda janji sama pak bos”, tuturnya.

Lebih lanjut Hendy mengaku optimis dapat meraih gelar juara dunia tersebut. Dengan sabar menjalani latihan, fokus pada pertandingan terdekat, ia percaya keinginannya tersebut cepat atau lambat pasti akan datang dengan sendirinya.

“Jalanin tahap per tahap aja. Nanti dateng sendirinya kok”, ujarnya.

Sebelumnya, pada bulan September yang lalu, Hendy berhasil menduduki top 5 dunia dan pada bulan ini ia menduduki top 1 dunia. Blizzard sendiri mengumumkan bahwa pemain yang berhasil berada di 16 besar dalam dua bulan, akan mendapatkan undangan menuju turnamen Masters Tour. Sehingga dengan demikian Hendy memiliki kesempatan untuk mengikuti Masters Tour Arlington Texas yang akan diadakan awal tahun 2020 nanti.

Menurut Hendy, semua pencapaian yang telah ia dapatkan tersebut juga berkat dukungan dari pelatih, manager, hingga teammatesnya, salah satunya dukungan dari Rama yang juga akan ikut bertanding dalam Hearthstone Masters Tour Arlington 2020 nanti.

“Iya dong pasti dong. Sama lah kita saling support lah, kayak aku juga support rama, rama juga support aku. Kita semua harus saling support. Entah siapapun yang menang, indonesia yang menang.

Menuju Sea Games 2019

 

Sea Games 2019 merupakan turnamen yang sedang ia kejar dalam waktu dekat ini. Medali emas adalah target yang ingin ia dapatkan dalam pesta olahraga yang akan diselenggarakan di Filipina tersebut.

“Emas. Engga ada perak, engga ada kata perunggu. Emas!”, tegasnya.

Untuk dapat mencapai target tersebut, Hendy beserta pemain lainnya selalu berlatih setiap hari dan bahkan mempergunakan waktu istirahat mereka untuk membahas strategi permainan.

“Basicly kita tiap hari kita latihan terus, aku Rama, Nova, Reza, kita basicly kita tiap hari kita latihan terus. Paling kita cuman berhenti untuk makan dan di sela-sela waktu istirahat pun kita juga tetep bahas strategi semuanya sih. jadi mungkin, engga ada istirahatnya kali ya, cuman, makan, latihan, tidur makan, latihan”, ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa yang terpenting adalah melatih komunikasi antar sesama untuk dapat merumuskan strategi permainan mana yang paling bagus mereka terapkan.

“Kita lebih banyak ke komunikasi antar sesama aja. Dari kita sih sebenernya bukan latihan antar sesama loh, kita jarang lah main antar sesama, mungkin kalo lagi mau ngetes satu dua game mungkin per minggu kita lebih banyak komunikasi aja, komunikasi kita bahas, karena kita udah tahu kan maksudnya ini menang sama ini, mana yang bagus, kita lebih banyak komunikasi”, jelasnya.

Pemain perwakilan Thailand merupakan lawan yang diantisipasi oleh Hendy saat pertandingan Sea Games mendatang. Disdai, sudah menjadi lawan berat Hendy di Asia semenjak dua tahun yang lalu. Ia mengaku Disdai juga merupakan lawan terberatnya di Asian Games lalu.

“Thailand pasti. Thailand itu uda jadi rival aku semenjak mungkin dua tahun ini buat Asia, jadi emang pas asian games ini juga lawan terberat tetep Thailand. Disbai, pemain bagus sih. Pemain bagus banget”, katanya.

Namun menurut Hendy, pribadinya sebagai seorang ‘genius yang berusaha’ dapat dijadikan keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh pemain lainnya yang juga dapat dijadikan peluang dalam memenangkan pertandingan.

“Mungkin aku lebih banyak berusaha aja, aku lebih banyak berusaha. Aku genius yang berusaha. Bukan cuman berusaha, bukan cuman genius yang santai-santai”, jelasnya.

Waktu latihan yang padat menjelang pesta olahraga bergengsi di Asia ini, membuat Hendy kesulitan dalam menyisihkan waktu bersenang-senang dengan keluarga maupun teman-teman dekatnya. Selain itu ia mengaku ekspektasi publik yang menginginkannya mendapatkan medali emas, di satu sisi menjadi tekanan baginya dalam pertandingan Sea Games mendatang.

“Pressure pasti ada lah. Semua satu indonesia, semua ngarepin aku dapet emas jadi ga mungkin ga ada pressure, tinggal gimana aku bikin pressure itu jadi motivasi buat aku aja. Masih PR. Masih tertekan”, tuturnya.

“Stay positif, just enjoy the game”, jawab Hendy saat ditanya mengenai bagaimana ia mengatasi tekanan tersebut.

 

(NXL/AMANDA PN).

Amanda Puspa

Author Amanda Puspa

More posts by Amanda Puspa

Leave a Reply