was successfully added to your cart.
Interview

MIRALDHA, ANGELS YANG MENJUNJUNG KESETARAAN GENDER DALAM GAMING : “SELAGI CEWEK BISA KENAPA ENGGA?”

By 31 October 2019 No Comments

Pada 28 Oktober 2019, seorang gadis dengan rambut pendek kecokelatan sebahu terlihat mendatangi NXL Esports Center untuk menjalani pemotretan pertamanya di NXL. Ia memperkenalkan diri sebagai anggota baru NXL Angels.

“Perkenalkan namaku Miraldha Aprilia Wijaya, biasa dipanggil Miraldha atau Mira juga boleh”, sahut Mira memperkenalkan dirinya. Ia tersenyum. Menampikan kesan ramah pada wajahnya.

Miraldha atau yang juga kerap disapa Mira, gadis kelahiran 2 April 1998 ini merupakan seorang mahasiswi jurusan Akuntansi. Ia asli Surabaya, yang saat ini tengah menetap di Tangerang untuk menempuh pendidikan di sebuah perguruan tinggi swasta, Matana University, Gading Serpong.

Memiliki saudara kembar

Mira merupakan anak tertua dari empat bersaudara dan yang menariknya lagi, ia memiliki saudara kembar perempuan. Namun bagai serupa tapi tak sama, Mira mengaku bahwa saudara kembarnya tak memiliki minat dalam gaming seperti dirinya, “Aku anak kembar, cuma beda banget sih, kalau dia kan lebih sibuk sama kuliah, sama dunia perkuliahan dia, karena tugasnya juga banyak, dia jurusannya arsitek. Kalau aku sih lebih kayak, game boleh lah sekali-kali buat hiburan, cuman buat seru-seruan sih”, jelasnya.

“Awalnya aku anti banget sama yang namanya game, anti banget asli”, jelas Mira saat ditanya awal mula ia mengenal game. Saat itu, kira-kira saat ia tengah duduk di bangku SMA, saat keberadaan Mobile Legends berada pada puncak kejayaannya, Mira yang anti terhadap game ini mulai merasa penasaran ingin mencoba permainan tersebut. Berawal dari rasa penasaran tersebut, tumbuhlah minatnya pada dunia gaming. Berawal dari Mobile Legends, ia kemudian mulai mencicipi game lainnya seperti PUBG dan CODM.

CODM merupakan game yang saat ini sering ia mainkan. Saat ditanya alasannya, ia menjawabnya dengan sederhana sambil tertawa, “karena game baru kali ya, jadi belom bosen hahaha, terus seru sih menurut aku kayak mainnya hampir sama kaya PUBG tapi lebih seru”, jawabnya.

Penyuka makanan pedas

“Aku suka makan-makanan pedes, suka banget”, jelas Mira. Gadis berumur 21 tahun ini, sangat menyukai makanan-makanan yang pedas, salah satunya bakso pedas.

“Kayak bakso pedes, pokoknya yang pedes-pedes”, jawabnya.

“Makaroni Ngehe?”, tanya penulis

“Iya! Kok tau?”, sahut Mira bersemangat.

Memiliki cita-cita sebagai pengusaha kontrakan / kos-kosan

Gadis berzodiak Aries ini memiliki cita-cita sebagai orang sukses, namun ia sendiri mengaku masih kesulitan untuk menemukan cara mencapai kesuksesan itu. Menurutnya, yang perlu dilakukannya saat ini adalah mengikuti alur yang telah ditetapkan dalam kehidupannya. Kalau ditanya ingin menjadi apa, Mira pasti menjawab ingin menjadi pengusaha atau memiliki usaha sendiri.

“Yang pasti aku mau punya kontrakan, punya kos-kosan gitu, itu kan menjanjikan banget kan”, jelasnya. Wajahnya tampak bersemangat membicarakan hal ini.

Cicak masuk dalam list hewan yang dibencinya

Selain membenci kodok, Mira juga mengaku membenci cicak.

“aku takut banget sama cicak, geli”, katanya.

Ia kemudian bercerita tentang pengalamannya dulu saat ia tidak sengaja memegang hewan tersebut. “Pernah kepegang, waktu itu ada acara terus duduk kan, terus iseng aku pegang di bawah kursi, ternyata yang aku pegang cicak dong!”, sesekali ia mengernyit tipis sambari menceritakan kejadian tersebut. Ekpresi ‘geli’ tergambar jelas pada wajahnya. Siapapun yang melihat ekspresinya saat itu seolah-olah dapat membayangkan bagaimana perasaanya saat hal tersebut terjadi.

Pernah diejek saat main Mobile Legends sampai nangis

Menurut Mira, arti gaming menurutnya adalah memainkan permainan, yang di mana tujuannya adalah untuk menghibur diri. Namun ia menyayangkan bahwa terkadang terdapat orang-orang yang justru mengejek pemain yang kemampuannya tidak sebanding dengan diri mereka, sehingga menyebabkan orang yang diejek tersebut merasa tertekan.

“Gaming itu memainkan permainan, jadi sebenernya tujuan main game itu buat seru-seruan aja, tapi kadang-kadang ada orang yang terlalu serius, jadi kayak, main game nih, terus matchnya sama orang yang ga jago, terus ngata-ngatain. Aku pernah juga tuh, pas main ML dulu, itu kan aku emang ga jago kan, terus yaudah ada yang ngatain, aku sempet sampe nangis dong”, katanya.

Semenjak kejadian tersebut, Mira mengaku sempat merasa trauma, takut akan permainannya akan diejek kembali oleh teman-teman lelakinya. Namun untungnya, kekhawatiran tersebut tidak bertahan lama. Saat ini ia memilih untuk bersikap ‘masa bodo’ dengan ejekan tersebut, karena yang penting menurutnya dalam gaming adalah bagaimana orang dapat merasa senang pada saat memainkannya.

“Iya percaya diri aja, bodo amat, yang penting kan kita seneng-seneng, games kan buat seneng-seneng”, jawab Mira penuh rasa percaya diri.

Selain itu Mira juga menyayangkan adanya stigma yang menyatakan bahwa gaming merupakan aktivitas untuk laki-laki. Ia berpendapat bahwa seharusnya tidak ada batasan antara laki-laki dan perempuan dalam dunia gaming.

“Ya ampun, ini kan jaman emansipasi wanita, apalagi dalam game, game kan dibuat tujuannya buat seneng-seneng jadi kayak seharusnya engga ada dong batasan antara cewek sama cowok gitu, selagi cewek bisa kenapa engga. Tunjukkin aja kalau misalnya cewek juga bisa gitu kan”, tegasnya.

Pesan Mira bagi para penggemar NXL

Setelah masuk dalam team NXL ini, Mira berharap ia akan menjadi pribadi yang dapat mempengaruhi hal-hal baik kepada banyak orang, khususnya kepada penggemar NXL, melalui game yang ia mainkan. Lebih lanjut ia juga berpesan kepada seluruh penggemar NXL untuk tetap mendukungnya dan menyapa saat bertemu dengannya.

“Untuk para penggemar NXL di luar sana, salam kenal semuanya aku Miraldha, panggil aja aku Mira juga gapapa atau Mir terserah kalian enaknya gimana, jangan lupa untuk dukung aku terus, kapan pun dan dimana pun oke, kalau ketemu jangan lupa nyapa juga, karena aku engga sombong kok”, tuturnya.

 

 

(NXL/AMANDA P).

 

 

Amanda Puspa

Author Amanda Puspa

More posts by Amanda Puspa

Leave a Reply