was successfully added to your cart.
Auto Chess

MENGENAL SOSOK GUMMUG LEBIH DEKAT : CERITA DI BALIK NAMA “GUMMUG”

By 25 October 2019 No Comments

Asal Mula dicetuskannya nama “Gummug”

Andrew Permana Purba atau biasa dikenal dengan nama “Gummug” ini mengaku, dipilihnya nama “Gummug” bukanlah tanpa alasan. “Gummug” itu sendiri berasal dari kata “gemuk”. Secara sederhana nama tersebut dipilih karena dahulu ia memiliki tubuh yang gemuk dan kemudian terlintas dalam pikirannya untuk menjadikan “Gummug” ini sebagai nickname-nya.

“Gummug sih itu sebenernya dulu gara-gara gemuk ya trus tiba-tiba terlintas nama nick itu Gummug, yaudah jadinya itu terus sih sekarang, kebawa terus” jelasnya.

Perjalanan Gummug Menjadi Atlet Auto Chess : Bermula dari Youtube

“Perjalananya itu dari pertama kali main dota Auto Chess, itu pertama kali baru liat Youtube doang, liat-liat Youtube terus tertarik”, kenang Gummug. Dengan berbekal pengetahuan yang berhasil ia kumpulkan melalui Youtube, ia pun mulai mencoba memainkan Auto Chess. Selama kurang lebih sebulan lamanya, mahasiswa jurusan sistem informasi ini terus mempelajari dan mendalami seluk beluk permainan tersebut. Usahanya pun membuahkan hasil, ia berhasil mengubah ketidaktahuannya menjadi semakin memahami permainan tersebut seiring berjalannya waktu.

Kemudian tak lama setelah Auto Chess versi mobile muncul, ia pun mencoba beralih ke dalam versi mobile tersebut. Dari sinilah awal dari prestasinya dalam dunia Auto Chess. Gummug mulai berhasil masuk dalam daftar top leader bot. “Nah dari situ kemudian di lirik sama NXL, akhirnya masuk NXL dan dari situ uda mulai ikut-ikut turnamen terus sih”, tutur Gummug.

 

Beberapa bulan sejak bergabung dengan NXL yakni pada Juli 2019, Gummug kemudian mulai memperluas  bidangnya pada permainan Chess Rush. “Jadi atlet Chess Rush baru kurang lebih sebulan, soalnya dulu waktu pertama kali masuk NXL itu divisinya Auto Chess, terus gara-gara uda pertimbangan sesuatu, suruh main Chess Rush juga, jadi Chess Rush sudah satu bulan lebih lah”, tuturnya.

Mahasiswa tingkat akhir Gunadarma ini, mengaku telah berhasil menjuarai banyak turnamen. Beberapa turnamen tersebut antara lain, juara 2 dalam Queen Tournament (turnamen pertama Gummug), menjuarai Arena Auto Chess Mobile Tournament, juara 2 Steamcraft Auto Chess Tournament, juara 1 dalam Ganzningz Chess Rush Tournament (seasons 1) dan yang baru-baru ini berhasil ia raih adalah juara 1 dalam Next Chess Haloween Party.

“Kalau turnamen, yang biasa aja uda lumayan banyak ya dan semuanya 80% berhasil dijuarain sih. Kalau turnamen resmi baru satu, dari Tencent. Terus Squad Master namun harus gugur di semifinal”, jelas Andrew. Menurut Andrew dari sekian banyak turnamen yang pernah ia lakukan sebelumnya, turnamen Squad Master merupakan turnamen yang paling sulit sejauh ini, “kalau itu sih dari Squad Master sih, kalo itu emang tim besar semua jadi semua tim besarnya ikut jadi lebih sulit di situ”.

Setelah berhasil menjuarai turnamen “Next Chess Haloween Party” tersebut, Gummug mengaku bahwa ia akan segera mempersiapkan diri untuk turnamen selanjutnya yang akan digelar oleh UniPin.

“Target selanjutnya kalo ga salah bulan depan ada turnamen yang agak bergengsi yang mungkin ingin menjuarai disana dan sekarang sih udah latihan-latihan terus sih”, jawab Gummug.

Menjadi atlet Chess Rush juga memiliki kesulitannya sendiri, menurut Gummug jadwal turnamen yang terlalu pada merupakan salah satu faktornya, “kesulitan jadi atlet Chess Rush mungkin ini doang sih jadwal ya karena turnamennya itu terlalu padat, suka bentrok, jadi pengennya bisa ikut semua turnamen tapi ya malah cuman beberapa doang jadi cuman terbatas achievement-nya”.

 

Untuk dapat menjadi juara bertahan seperti sekarang ini, Gummug selalu berpegang pada motonya “Practice Makes Perfect”, hal tersebut tercermin dari bagaimana ia berlatih setiap harinya. Setiap minggunya ia berlatih sparing sebanyak tiga kali, selain itu setiap harinya ia juga berlatih solo selama 6-8 jam sehari. Selanjutnya juga menambahkan kunci kemenangan dari permainannya antara lain terletak pada kesabaran serta kemampuan untuk mengatur posisi dari bidak-bidaknya.

“Tips-trik untuk main Chess Rush sih kurang lebih harus sabar terus lebih memahami mengatur posisi dari bidak-bidaknya ya, soalnya itu yang rata-rata bisa menentukan kunci kemenangannya di situ sih, strategi mengatur posisi-posisi itu”, jelas Gummug.

Di akhir wawancara dengan redaksi NXL, ia berpesan bahwa di samping berlatih dengan keras, pemain juga harus mengimbanginya dengan kesadaran untuk tetap menjaga kesahatan mereka, di antaranya jangan bermain hingga larut malam, terlebih lagi bermain di tempat yang gelap, serta tetap menjaga pola makan.

“Ya biasanya sih main jangan sampe tengah malem, jangan main di tempat gelap karena radiasi hapenya juga berpengaruh, terus sama mengatur pola makan sih biasanya. Sebelum main makan dulu atau minum”, tutupnya.

(NXL/ Amanda Puspa Ningsih).

Amanda Puspa

Author Amanda Puspa

More posts by Amanda Puspa

Leave a Reply