was successfully added to your cart.
Uncategorized

5 Game eSports dengan Bayaran Termahal

By 29 January 2017 No Comments

Buat Anda yang penasaran dengan game-game kompetitif yang memberikan nominal hadiah terbesar, saya menemukan satu daftar 5 game eSports dengan bayaran termahal.
Bayaran yang dimaksud di sini berdasarkan total hadiah yang dilaporkan di akhir tahun 2016. Penting juga untuk diketahui, sebenarnya ada satu metode alternatif, yang mungkin lebih akurat, yang bisa digunakan untuk membuat daftar ini, yaitu dengan menggabungkan total hadiah turnamen dengan total gaji pemain – berhubung di luar sana, para pemain game profesional menerima gaji layaknya pekerja kantoran.
Namun demikian, keseluruhan data gaji pemain ini akan sulit sekali untuk diketahui. Jadi, hadiah turnamen ini lebih mudah dijadikan patokan untuk membuat daftar ini.
Jadi tanpa basa-basi lagi, berikut ini adalah daftarnya yang saya urutkan dari peringkat terbawah.
5. Counter Strike

 
Total Hadiah: $10,771,935
Jumlah Pemain Pro: 2587
Hadiah Terbesar: $200,000
Negara dengan Penghasilan Terbanyak: Swedia – $2,733,810
Game ini merupakan satu-satunya game yang sudah dipensiunkan namun masih tetap masuk ke daftar ini.
Namun demikian, hal ini tidak mengherankan mengingat CS merupakan salah satu bibit yang membuat eSports tumbuh subur sekarang ini.
Sebenarnya, StarCraft pertama juga menjadi satu bibit lainnya, namun StarCraft masih kalah popularitasnya dengan CS di komunitas gamer global di awal tahun 2000an.
4. StarCraft II

Total Hadiah: $21,765,461
Jumlah Pemain Pro: 1599
Hadiah Terbesar: $500,000
Negara dengan Penghasilan Terbanyak: Korea Selatan – $14,570,946
Seperti yang saya tuliskan tadi, game pendahulunya merupakan salah satu cikal bakal industri eSports, namun berhubung game RTS memang jauh di bawah FPS dalam hal popularitas, StarCraft II lah yang masuk ke daftar ini.
Selain itu, game ini memang sangat didominasi oleh pemain-pemain Korsel. Namun tetap saja, mengingat Korsel merupakan salah satu negara yang berpengaruh besar dalam pertumbuhan industri eSports dari pertama sampai sekarang, total hadiahnya tetap fantastis nominalnya.
3. Counter Strike: Global Offensive

Total Hadiah: $28,638,773
Jumlah Pemain Pro: 6495
Hadiah Terbesar: $1,410.000
Negara dengan Penghasilan Terbanyak: Swedia – $4,525,321
Saya kira CS:GO tidak mengejutkan lagi masuk ke daftar ini dan berada di peringkat ini.
Namun menariknya, Swedia lagi-lagi menjadi negara peraup hadiah terbanyak di game FPS ini. Entahlah mungkin memang esensi dasar permainan antara CS dan CS:GO masih tidak banyak berubah atau memang Swedia memang berhasil menelurkan pemain-pemain FPS paling berbakat di seluruh dunia.
2. League of Legends

Total Hadiah: $37,042,213
Jumlah Pemain Pro: 4332
Hadiah Terbesar: $5,070,000
Negara dengan Penghasilan Terbanyak: Korea Selatan – $13,832,712
Seperti yang saya pernah tuliskan di satu artikel beberapa waktu yang lalu, Korea Selatan memang mendominasi LoL.
35% dari total hadiah dibawa pulang oleh pemain-pemain Korsel. Namun demikian, sama seperti CS:GO, saya kira Anda juga sudah tidak terkejut lagi dengan posisinya di sini.
Jujur saja, saya memang adalah salah satu orang yang mengagumi bagaimana Riot Games berhasil mengembangkan bisnisnya dan bersaing ketat dengan developer dan publisher kelas kakap yang jauh lebih dulu berkecimpung di game kompetitif, seperti Valve, Blizzard, Capcom, ataupun EA.
1. Dota 2

Total Hadiah: $94,814,164
Jumlah Pemain Pro: 1709
Hadiah Terbesar: $20,770,640
Negara dengan Penghasilan Terbanyak: Tiongkok – $37,253,914
Akhirnya kita tiba di peringkat pertama. Hal ini juga tidak mengejutkan sebenarnya mengingat total hadiah dari The International memang begitu fantastis.
Apalagi, Valve juga salah satu developer dan publisher game paling sukses yang pernah ada dalam sejarah.
Namun, jujur saja, saya tidak mengira Tiongkok menjadi negara dengan pemenang turnamen terbanyak – mengingat Dota 2 sedikit lebih chaos ketimbang rival beratnya dan lebih sporadis dalam pemerataan pemain.
Jika Anda penasaran dengan daftar yang lebih lengkap, Anda bisa melihat sendiri sumber yang saya jadikan rujukan untuk artikel ini di esportsearnings.com.

admin

Author admin

More posts by admin