was successfully added to your cart.
Uncategorized

TSM dan Cloud9 Tanda Tangan Kontrak Eksklusif dengan Twitch

By 21 November 2016 No Comments

Twitch mengumumkan inisiatif terbarunya untuk membangun kerjasama dengan tim gamer profesional, dimulai dengan Team SoloMid dan Cloud9 – dua tim gaming profesional asal AS.
Kedua tim tersebut akan streaming secara eksklusif di Twitch dan Twitch akan menjadi “Official Sales Representative” bagi brand-brand yang ingin bekerja sama dengan tim tadi.
Apakah kerjasama ini benar-benar menguntungkan untuk kedua tim besar asal AS tadi? Pasalnya, mereka tidak lagi boleh streaming di platform video lainnya, seperti YouTube misalnya.
Padahal jika dibandingkan dengan YouTube, Twitch masih kalah jauh dalam hal traffic. YouTube dikunjungi oleh 22,7 miliar pengunjung setiap bulannya. Sedangkan Twitch dikunjungi 513,2 juta penonton setiap bulannya (menurut data SimilarWeb).
Walau memang, angka tadi tidak bisa dibandingkan begitu saja, karena hanya sebagian kecil pengunjung YouTube yang menonton konten eSports. Sedangkan pengunjung Twitch kebanyakan memang penggemar eSports – walaupun memang tidak semuanya suka dengan TSM ataupun Cloud9.
Di sisi lain, Twitch sendiri juga bisa kehilangan penonton jika mereka terlalu berpihak pada tim-tim yang bekerjasama secara eksklusif – karena tidak semua penonton Twitch adalah fans TSM dan Cloud9.
Meski begitu, terlalu awal juga untuk memprediksi apa yang akan terjadi nantinya. Jadi, kita lihat saja perkembangannya kedepan. Tim-tim mana lagi kah yang akan digandeng oleh Twitch?

admin

Author admin

More posts by admin